Trending Karena Jadi Lokasi Film Pengabdi Setan 2, Inilah Fakta Tentang Observatorium Bosscha

- Senin, 8 Agustus 2022 | 16:57 WIB
Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat  (Instagram bosschaobservatory)
Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat  (Instagram bosschaobservatory)

RADIOWEBINDO- Observatorium Bosscha tengah menjadi perbincangan warganet karena menjadi salah satu lokasi dalam dua cerita film ternama yakni "Petualangan Sherina" dan "Pengabdi Setan 2".

Dalam film, "Petualangan Sherina", Observatorium Bosscha diceritakan sebagai tempat persembunyian Sherina dan Sadam yang kabur dari kejaran penjahat. 

Sedangkan di "Pengabdi Setan 2", Observatorium Bosscha diceritakan sebagai tempat di mana seorang jurnalis bernama Budiman menemukan sejumlah mayat korban penembakan misterius.

Baca Juga: Ingin Tahu Makanan ala Raja dan Bangsawan? Yuk Intip 11 Menu Khas Keraton Mangkunegaran!

Saat ini Bosscha dijadikan sebagai pusat penelitian hingga pengembangan ilmu astronomi di Indonesia. Untuk kamu yang suka dengan ilmu astronomi, tempat ini cocok untuk menjadi destinasi wisata edukasi.

Berikut ini beberapa fakta mengenai observatorium Bosscha yang harus kamu tahu, dikutip dari laman resmi Observatorium Bosscha.

Sejarah

Observatorium Bosscha (dahulu dikenal sebagai Bosscha Sterrenwacht) dibangun atas inisiasi Karel Albert Rudolf (K.A.R.) Bosscha. Dibantu oleh kemenakannya, R.A. Kerkhoven dan seorang astronom Hindia Belanda, Joan George Erardus Gijsbertus Voûte, Bosscha menghimpun para peminat untuk membentuk sebuah perkumpulan yang akan merealisasikan ide pembangunan observatorium.

Observatorium Bosscha berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Observatorium Bosscha diresmikan pada 1 Januari 1923. Pada tanggal 17 Oktober 1951, Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereniging (NISV) secara resmi menyerahkan observatorium ini kepada pemerintah RI. 

Sejak tahun 2004 Observatorium Bosscha dicanangkan sebagai Cagar Budaya Nasional, dan pada tahun 2008 ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional. 

Baca Juga: Telah Direvitalisasi, Kini Warga Bisa Fashion Show di Situ Rawa Kalong Depok

Fasilitas

Observatorium Bosscha memiliki tiga fasilitas penunjang yang utama, yakni:

1. Perpustakaan

Perpustakaan yang memiliki puluhan ribu koleksi buku dan publikasi sering menjadi sumber bahan bacaan pagi para astronom.

2. Bengkel Teknik

Bengkel teknik dengan kelengkapan instrumennya sering dijadikan ruang kerja untuk pengembangan instrumen pengamatan.

3. Wisma Kerkhoven.

Wisma Kerkhoven, yang difungsikan sebagai tempat singgah para tamu Observatorium Bosscha dan kegiatan internal maupun lokakarya.

Cara Berkunjung ke Bosscha

Observatorium Bosscha menerima kunjungan masyarakat ke observatorium baik kelompok maupun individu. Program kunjungan adalah program yang terbatas, sehingga bagi yang ingin berkunjung, disarankan untuk mengecek terlebih dulu jadwal kunjungan.

Program kunjungan siang adalah program terpandu dimana pengunjung berkesempatan untuk mengunjungi Teleskop Besar Zeiss dan melihat bagaimana cara kerja teleskop melakukan pengamatan astronomi. Selain itu pengunjung akan disuguhi cerita sains populer yang disampaikan oleh komunikator astronomi Bosscha.

Pada program kunjungan malam atau yang disebut malam umum, selain disuguhi cerita sains populer, pengunjung berkesempatan melakukan pengamatan objek langit menggunakan beberapa teleskop yang ada di Observatorium Bosscha (selama cuaca mendukung).

Cara pendaftaran:

  • Mendaftar melalui telepon (022) 2786001 pada hari dan jam kerja.
  • Mengirimkan email pendaftaran kunjungan ke kunjungan[as].itb.ac.id (ganti [at] dengan lambang @).
  • Untuk rombongan besar dari Sekolah, Institusi Pendidikan, Instansi kami wajibkan untuk mengirimkan surat resmi (kop surat berisi alamat dan kontak, disertai tanda tangan dan stempel) via pos atau email yang ditujukan kepada Kepala Observatorium Bosscha.

Lokasi

Tempat bersejarah ini berlokasi di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Observatorium Bosscha terletak sekitar 15 km dari wilayah pusat kota Bandung. Jika kamu berminat datang ke Observatorium Bosscha, pastikan Anda datang pada waktu yang diizinkan untuk berkunjung, selain daripada itu pihak observatorium tidak dapat memberikan izin untuk masuk ke dalam kompleks.

Editor: Alfia Sudarsono

Sumber: Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

14 Negara Terindah di Dunia

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:02 WIB

10 Negara yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Rabu, 1 Februari 2023 | 21:20 WIB

10 Negara Terdingin di Dunia

Senin, 30 Januari 2023 | 13:05 WIB

20 Negara dengan Kuliner Terbaik di Dunia

Senin, 23 Januari 2023 | 15:35 WIB

8 Negara Teraman Untuk Solo Traveller Wanita

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:14 WIB

9 Rekomendasi Kuliner Halal di Itaewon Korea Selatan

Minggu, 30 Oktober 2022 | 20:46 WIB
X