Sejumlah Netizen Keluhkan Kebijakan Kemenkominfo Terkait Analog Switch Off (ASO)

- Senin, 7 November 2022 | 08:10 WIB
Pemerintah telah menghentikan siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) pada Rabu (02/11/2022)  (Pixabay Katya_Ershova)
Pemerintah telah menghentikan siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) pada Rabu (02/11/2022) (Pixabay Katya_Ershova)

RADIOWEBINDO- Pemerintah telah secara resmi menghentikan siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) pada Rabu (02/11/2022) pukul 24.00 WIB agar masyarakat bermigrasi ke siaran televisi digital.

Kebijakan tersebut dilakukan lantaran siaran televisi digital diklaim memiliki gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih, dan teknologi yang lebih canggih.

Namun, kebijakan siaran ASO ini menjadi masalah bagi sebagian masyarakat. Pasalnya, banyak rumah tangga menengah ke bawah yang merasa keberatan.

Baca Juga: Seorang Perawat Dikecam Usai Membuat Vlog Saat Menangani Korban Halloween Itaewon

Sejumlah masyarakat mengeluh, jangankan untuk membeli set top box yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pun mereka mengaku sulit.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @tante.rempong.official, terlihat seorang anak balita yang menangis karena tidak bisa menonton televisi akibat pemutusan siaran televisi analog. Sang ibu yang merekam kejadian itu pun berusaha menenangkan anaknya yang terus menangis.

"Liat pak Jokowi, anak saya ngamuk, sya gk kebeli set top box... Boro2 buat beli begituan, buat jajan aja ngos2an (emotikon menangis)," tulis sang ibu dalam video.

Video yang telah mendapatkan 889 comments dan 4.617 likes itu pun menuai pro dan kontra dari netizen.

"Selalu ada 2 sisi dari sebuah kebijakan. Tapi, utk migrasi TV ini memang sudah saatnya dilakukan di Indonesia. Ada program STB gratis mba," komentar @mu********a.

"Lagian mksd ny d matiin tv analog ny buat apa," ujar @ye*********i.

"Kebijakan boleh tapi harus ada solusi," timpal @de*********3.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral Bayi Minum Kopi Instan, Berikut Bahayanya

Senin, 23 Januari 2023 | 19:21 WIB
X