• Kamis, 1 Desember 2022

Viral Video Maba Unhas Diusir Karena Mengaku Non-Binary, Apa Itu Non-Biner?

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:11 WIB
Ilustrasi non-biner  (Pixabay/annie1loves1you )
Ilustrasi non-biner (Pixabay/annie1loves1you )

RADIOWEBINDO- Baru-baru ini viral video mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar yang diusir usai mengaku dirinya non-biner.

Mulanya, seorang mahasiswa baru yang mengenakan almamater serta kaca mata itu dipanggil maju ke depan. Kemudian, mahasiswa yang diketahui bernama NA tersebut ditanya oleh dosen mengenai status jenis kelaminnya.

Secara mengejutkan NA menjawab bahwa statusnya adalah non-biner (non binary). Jawaban NA tersebut sontak membuat sang dosen tersulut emosinya lalu meminta panitia agar mengeluarkan NA dari ruangan.

Baca Juga: Tanggapan Alfamart Terkait Video Viral Pegawainya yang Diancam UU ITE

Perbincangan mengenai apa itu non-biner pun lalu mencuat. Banyak warganet yang bertanya-tanya dan mencari tahu mengenai apa itu non biner. 

Dikutip dari Medical News Today, non-biner adalah istilah yang menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi secara eksklusif sebagai pria atau wanita. Sebaliknya, orang non-biner dapat menentukan identitas dan pengalaman gender mereka di luar istilah biner ini.

Istilah non-biner dapat menggambarkan beberapa konsep yang berbeda, dan orang sering menggunakannya secara bergantian dengan istilah seperti agender, androgini, dan genderqueer.

Apa itu identitas gender nonbiner?

Identitas gender mengacu pada bagaimana seseorang mengkonseptualisasikan gendernya. Identitas ini dapat dibedakan dari orientasi seksual seseorang dan jenis kelamin yang ditetapkan sejak lahir.

Baca Juga: Karyawannya Diduga Dilecehkan Sesama Rekan Kerja, Kawan Lama Group Angkat Bicara

Identitas biner

Bagi banyak orang, identitas gender mereka sejalan dengan jenis kelamin yang ditetapkan pada mereka saat lahir.

Dokter menentukan jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir dengan menilai faktor fisik bayi, seperti anatomi organ reproduksi eksternal mereka, dan menentukan apakah mereka termasuk dalam kategori pria atau wanita. Ini juga dikenal sebagai biner seks.

Identitas gender adalah perasaan internal seseorang tentang siapa mereka, dan bagi sebagian orang, ini berkorelasi dengan jenis kelamin mereka yang ditetapkan saat lahir. Orang juga sering menganggap identitas gender sebagai biner: pria atau wanita.

Ketika jenis kelamin seseorang yang ditetapkan saat lahir sejalan dengan identitas gender mereka, mereka kadang-kadang dikenal sebagai cisgender. Misalnya, seseorang yang memiliki anatomi laki-laki dan identitas gender laki-laki disebut cisgender laki-laki, sedangkan dengan anatomi perempuan dan identitas gender perempuan disebut cisgender perempuan.

Seseorang mungkin menggambarkan cara mengkonseptualisasikan gender sebagai biner.

Baca Juga: HYBE Angkat Tangan Atas Pernyataan Kim Garam Eks LE SSERAFIM Terkait Tuduhan Bullying

Identitas non-biner

Beberapa orang mungkin tidak dapat mengkonseptualisasikan identitas gender mereka dalam istilah biner. Namun, mereka mungkin masih memiliki perasaan yang kuat tentang jenis kelamin mereka tanpa mengidentifikasi sebagai pria atau wanita.

Beberapa penelitian Trusted Source menyatakan bahwa konsep nonbiner berakar pada gagasan bahwa identitas gender berada pada spektrum daripada menjadi oposisi biner. Orang mungkin mengidentifikasi di seberang, atau bahkan di luar spektrum ini.

Orang non-biner mungkin merasa bahwa identitas dan pengalaman gender mereka mencakup aspek biner atau tidak sama sekali. Beberapa orang mungkin juga melihat identitas dan pengalaman mereka sebagai cairan, atau selalu berubah.

Visibilitas sosial identitas non-biner meningkat. Namun, banyak orang tidak sepenuhnya memahami apa artinya menjadi non-biner.

Faktanya, satu survei tahun 2015 menemukan bahwa 86% responden nonbiner tidak mengoreksi orang yang salah mengira gender mereka karena “kebanyakan orang tidak mengerti, jadi mereka tidak mencoba menjelaskannya”.

Baca Juga: Kim Garam Beberkan Catatan Komite Kekerasan Sekolah Atas Tuduhan Bullyingnya, K-Netz Beri Reaksi Berbeda

Perbedaan antara nonbiner dan transgender

Non-biner adalah istilah umum yang menggambarkan identitas gender yang tidak eksklusif laki-laki atau perempuan.

Transgender mengacu pada seseorang yang tidak mengidentifikasi dengan jenis kelamin mereka yang ditetapkan saat lahir. Misalnya, beberapa orang yang non-biner mengidentifikasi sebagai transgender, tetapi yang lain mungkin masih mengidentifikasi dengan jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir untuk gelar.

Perbedaan antara nonbiner dan interseks

Menjadi nonbiner tidak sama dengan interseks. Orang yang interseks memiliki anatomi atau gen yang tidak cocok dengan jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir biner.

Orang interseks dapat mengidentifikasi diri sebagai non-biner jika mereka memilih demikian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang interseks mengidentifikasi diri sebagai pria atau wanita. Ini mungkin karena operasi "normalisasi" yang terjadi ketika orang tersebut masih bayi.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aksi Panjat Tiang Panggungnya Viral, Nassar Tuai Pujian

Selasa, 27 September 2022 | 16:06 WIB
X