• Rabu, 28 September 2022

Tanggapan Alfamart Terkait Video Viral Pegawainya yang Diancam UU ITE

- Senin, 15 Agustus 2022 | 11:32 WIB
Tangkapan layar video pegawai Alfamart membacakan permohonan maafnya. (Twitter @Mei2Namaku)
Tangkapan layar video pegawai Alfamart membacakan permohonan maafnya. (Twitter @Mei2Namaku)

RADIOWEBINDO- Saat ini tengah viral video yang memperlihatkan pegawai Alfamart membacakan permohonan maafnya. Seorang ibu yang datang bersama pengacara tampak mengapit pegawai tersebut, Minggu (14/8/2022).

"Saya karyawan Alfamart yang mengklarifikasi video yang tersebar di media sosial karena sudah ada kesalahpahaman yang merugikan Ibu Mariana dan saya meminta maaf atas video yang tersebar kemarin. Alhamdulillah hari ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan," ucap pegawai itu.

Peristiwa ini terjadi sehari sebelumnya ketika pegawai Alfamart memergoki seorang perempuan mengutil cokelat yang diletakkan di depan kasir. Cokelat itu dimasukkan ke dalam tas tanpa membayarnya.

Baca Juga: Karyawannya Diduga Dilecehkan Sesama Rekan Kerja, Kawan Lama Group Angkat Bicara

Tak tinggal diam, pegawai Alfamart itu lalu mengikuti ibunya ke tempat parkir, yang ternyata menyetir mobil Mercy. Sambil meminta cokelat itu kembali, pegawai Alfamart pun memvideokan kejadian tersebut.

Alih-alih meminta maaf, ibu itu malah marah-marah dan memaksa menutup pintu mobilnya. Pegawai Alfamart tetap memaksa agar ia membayar hingga ibu itu akhirnya keluar dari mobil dan membayar barang-barang yang sudah diambilnya.

Video itu pun viral di media sosial. Hal itu membuat marah ibu tersebut sehingga ia datang bersama pengacara dan bersiap melaporkan pegawai Alfamart dengan ancaman UU ITE, jika si pegawai tidak mau meminta maaf.

Menanggapi ancaman UU ITE yang diterima oleh salah satu pegawainya di gerai Alfamart Sampora, Tangerang Selatan, manajemen Alfamart pun angkat bicara. Mereka telah membuat pernyataan yang membenarkan kejadian itu dan akan melindungi pegawainya. 

Baca Juga: HYBE Angkat Tangan Atas Pernyataan Kim Garam Eks LE SSERAFIM Terkait Tuduhan Bullying

Berikut tanggapan manajemen Alfamart yang diunggah di akun Instagram resminya, Senin dini hari (15/8/2022):

  1. Alfamart merupakan perusahaan yang mengedepankan kejujuran, disiplin dan konsisten dalam bekerja berlandaskan etika serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
  2. Sebagai perusahaan nasional yang sudah mempekerjakan lebih dari 140.000 karyawan, Alfamart berkomitmen menjalankan standar pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Termasuk di dalamnya, Alfamart memberikan perlindungan kerja penuh kepada karyawannya.
  3. Terkait dengan pemberitaan seorang karyawan Alfamart yang diancam UU ITE oleh seorang konsumen adalah benar, yang terjadi pada 13 Agustus 2022, jam 10.30 di Alfamart Sampora, Kampung Sampora RT 04, RW 02, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang Selatan. Karyawan kami menyaksikan kejadian konsumen yang telah mengambil barang tanpa membayar. Setelah dimintai pertanggungjawaban, konsumen baru membayar produk cokelat yang diambilnya. Dari investigasi karyawan pun menemukan produk lain yang di ambil selain cokelat.
  4. Alfamart sangat menyayangkan adanya tindakan lanjutan sepihak dari konsumen dengan membawa pengacara yang membuat karyawan Alfamart tertekan.
  5. Alfamart sedang melakukan investigasi internal lebih lanjut dan apabila diperlukan Alfamart akan mengambil langkah hukum selanjutnya.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aksi Panjat Tiang Panggungnya Viral, Nassar Tuai Pujian

Selasa, 27 September 2022 | 16:06 WIB
X