• Jumat, 19 Agustus 2022

Lukisan Mona Lisa Dilempar Kue Oleh Seorang Lelaki yang Menyamar Sebagai Wanita Tua

- Selasa, 31 Mei 2022 | 10:23 WIB
Petugas tengah membersihkan kaca pelindung lukisan Mona Lisa yang dilempar kue oleh seorang pria (Twitter @klevisl007)
Petugas tengah membersihkan kaca pelindung lukisan Mona Lisa yang dilempar kue oleh seorang pria (Twitter @klevisl007)

RADIOWEBINDO- Seorang pria yang menyamar sebagai seorang wanita tua di kursi roda telah melemparkan kue ke lukisan Mona Lisa di museum Louvre, Paris, Perancis. Meski demikian, noda krim putih itu tidak merusak karya terkenal Leonardo da Vinci tersebut karena terhalang kaca pelindung.

Pelaku, yang mengenakan wig dan lipstik tersebut meminta orang-orang untuk memikirkan Bumi saat ia digiring dari tempat kejadian.

Salah seorang pengunjung Louvre, Luke Sundberg dari Denver, Colorado, mengaku menyaksikan kejadian pelemparan itu saat dia mengantre untuk melihat mahakarya tersebut.

Baca Juga: Seo Ye Ji Dituntut Ganti Rugi Oleh Perusahaan Periklanan Pasca Kontroversi Gaslighting

“Kerumunan mulai terengah-engah dan kami melihat ke atas dan beberapa pria di kursi roda (berpakaian) ketika seorang wanita tua berlari ke lukisan itu dan mulai meninjunya sebelum mengolesi kue di atasnya,” kata pria berusia 20 tahun itu kepada PA.

“Butuh waktu sekitar 10 hingga 15 detik bagi keamanan untuk benar-benar membawa pria itu pergi, tetapi kerumunan tampaknya sedikit panik. Itu mengejutkan, banyak yang harus dipertimbangkan mengingat betapa bersejarahnya Mona Lisa ... momen itu sekali dalam sejuta. ”

Tidak hanya melempar kue, aktivis itu juga terlihat melempar bunga mawar ke dalam galeri.

“Pikirkan Bumi. Ada orang yang menghancurkan Bumi. Pikirkan tentang itu. Para seniman memberi tahu Anda, 'pikirkan tentang Bumi'. Itu sebabnya saya melakukan ini,” ucap pelempar kue itu saat dikawal keluar oleh petugas keamanan.

Atas perbuatannya yang dilakukan Minggu (29/5/2022) waktu setempat, kantor kejaksaan Paris menyebut, pelaku pelemparan berusia 36 tahun itu ditahan dan dikirim ke unit psikiatri polisi. Pihak berwenang pun telah membuka penyelidikan atas kerusakan artefak budaya.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Big Hit Music Bantah Rumor Pernikahan RM BTS

Jumat, 24 Juni 2022 | 15:13 WIB
X