Viral Tinder Swindler Versi Indonesia, Pria Ngaku Punya Banyak Pabrik dan Iming-imingi Korban dengan Iphone

- Rabu, 16 Maret 2022 | 17:32 WIB
Aplikasi Tinder  (Pixabay/solenfeyissa )
Aplikasi Tinder (Pixabay/solenfeyissa )

RADIOWEBINDO- Beberapa waktu lalu seorang pria bernama Simon Leviev tengah menjadi bahan perbincangan setelah Netflix merilis sebuah film dokumenter terbarunya yang berjudul The Tinder Swindler.

Simon Leviev diketahui melakukan serangkaian aksi penipuan untuk mendapatkan jutaan dolar dari wanita yang ia temui di aplikasi Tinder, lalu pergi ke korban berikutnya sebelum orang itu sadar apa yang sesungguhnya telah terjadi.

Rupanya kisah yang sama dengan The Tinder Swindler terjadi pula di Indonesia. Seorang pemilik akun Twitter @malamtanpakata mengaku telah ditipu oleh seorang pria yang diduga bernama James Daniel Sinaga.

Baca Juga: Label DONGKIZ Bantah Rumor Jaechan yang Lakukan Intimidasi di Sekolah

Cuitan 'sunyi di malam itu' yang mengaku sebagai korban penipuan seorang pria bernama James. (Twitter malamtanpakata)


Menurut penuturannya, pria tersebut ternyata juga sudah menipu banyak orang.

"Twiiter pleas do your magic. Hati-hati Tinder Swindler versi Indonesia. Jadi aku udah bingung banget mau curhat ke mana. Ditipu mentah-mentah sama orang ini. Ada yang kenal kah? Atau ada yang jadi korban juga?" cuit @malamtanpakata di akun Twitter-nya yang diunggah Rabu (16/3/2022).

Menurutnya, di awal perkenalan pria tersebut mengaku jika dirinya memiliki banyak pabrik. Tak hanya itu, pria itu juga mengatakan jika dirinya sering belanja hingga ratusan juta.

"Di Bandung itu ada pabrik textile garment di 4 lokasi total 22rb karyawan. Sisanya frenchise ada mungkin 500 orang dari mulai Starbucks, sushitei, iBox, chatime dllnya," ujar James.

"Laki mu itu powerranger loh bisa menang semua itu. Jadi wajar laki mu shopping ampe ratusan juta per seminggu sekali," ujarnya.

Baca Juga: Viral Pasca Sindir Indra Kenz, Berikut Profil Konglomerat Grace Tahir

Selain itu pria tersebut sempat menawari sebuah iphone 12 kepada para korban.

"Udah pake produk Apple kan kamu? kalo belum aku aksih deh tapi ip12promax soal masih ada beberapa unit di store bonus pabrik, biasanya aku kasih kekaryawan dijadikan reward penjualan," ucap James.

Namun pemberian tersebut tidak cuma-cuma. Para korban diminta untuk membayar pajaknya saja kepada James.

"Kemudian dia sempet nawarin unit grand opening ibox yang masih sisa. Dengan cuman membayar pajaknya," cuit @malamtanpakata.

Baca Juga: Jaechan DONGKIZ Dituduh Lakukan Intimidasi di Sekolah

Tak sampai di situ pria tersebut sempat meminta bantuan untuk transfer kepada para korban dengan janji akan segera diganti.

"Bantuan untuk transfer. Nanti akan diganti saat dia tiba. (Dia juga bilang sering meeting travelling ke batam dan bandung)," tulisnya.

Pria yang mengaku bernama James itu ternyata sering berganti-ganti nama kepada beberapa orang, mulai dari James Daniel Sinaga, Dani Ramdhani, hingga Bella.

"Dia bilang kalau dia lahir di Bandung. Punya 1 saudara bernama Jonathan Sinaga yang sedang kuliah di luar negri)," ujar akun Twitter sunyi di malam itu.

"Pas kenalan sama aku dia bilang namanya James Daniel Sinaga. Tapi DM sama reply beberapa orang beda-beda," terangnya.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral Bayi Minum Kopi Instan, Berikut Bahayanya

Senin, 23 Januari 2023 | 19:21 WIB
X