Nia Ramadhani Luncurkan Novel 'Cerita Ade', Kisah Masa Kecilnya Hingga Terjerat Kasus Narkoba

- Senin, 28 November 2022 | 14:37 WIB
Nia Ramadhani didampingi suami, Ardi Bakrie meluncurkan novel karyanya yang berjudul 'Cerita Ade', Senin (28/11/2022). (Instagram ramadhaniabakrie )
Nia Ramadhani didampingi suami, Ardi Bakrie meluncurkan novel karyanya yang berjudul 'Cerita Ade', Senin (28/11/2022). (Instagram ramadhaniabakrie )

RADIOWEBINDO- Nia Ramadhani meluncurkan sebuah novel berjudul Cerita Ade, Senin (28/11/2022), di Fan Campus, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Cerita Ade merupakan novel pertama yang ditulis oleh Nia Ramadhani. Novel ini terinspirasi dari perjalanan hidupnya ketika masih kecil sampai terjerat dengan kasus narkoba.

"Kita semua sama-sama tahu apa yang terjadi sama saya di tahun lalu. Karena perbuatan saya, harus menjalani konsekuensi belajar di tempat ini selama 10 bulan. Masa-masa itu akan menjadi masa yang berat dan nggak nyaman, setelah saya mempelajari ini, pandangan saya jadi berubah," ucap Nia Ramadhani.

Baca Juga: Selamat! Anak Pertama Son Ye Jin dan Hyun Bin Telah Lahir

Nia menuturkan, saat menjalani masa rehabilitasi, ia kembali mengingat semua peristiwa yang ada di hidupnya. Dia lalu mencoba berpikir tentang hal apa yang menyebabkan dirinya mengambil jalan yang salah.

"Awalnya saya berpikir untuk bersenang-senang saja sampai jatuh, tapi pas di sini (rehab) saya mencoba untuk menuangkannya ke dalam tulisan buku harian. Saya dipaksa mengingat masa lalu saya, dari kecil sampai sekarang," terangnya.

Dalam buku Cerita Ade, Nia pun menuangkan berbagai ilmu dari psikolog dan konselor yang menanganinya saat menjalani rehabilitasi. Di antaranya, bagaimana caranya meregulasi emosi dengan baik dan mengekspresikan apa yang kita rasa.

"Gimana caranya menyampaikan yang tepat. Kalau kita tidak punya kemampuan itu, kita jatuh mengambil jalan yang salah," ujarnya.

Baca Juga: CEO Hook Entertainment Bantah Berhutang Pada Lee Seung Gi untuk Beli Apartemen Mewah

"Kejadiannya terlalu besar (tahun kemarin itu), saya merasa dapat membagikan ilmu-ilmu yang saya dapat di sini," sambungnya.

Novel Cerita Ade diterbitkan oleh Pastel Books (Mizan Group). Dalam proses penulisan novel tersebut, Nia pun menggandeng Pidi Baiq sebagai editor.

"Karena berdasarkan saya dulu baca bukunya 'Dylan'. Saya merasa bahasanya dia gampang dimengerti dan bahasanya sangat sehari-harilah begitu," jelas Nia terkait alasannya memilih Pidi Baiq sebagai editor.

Nia megungkapkan, awalnya Pidi Baiq tidak mau membuat tulisan tentang dirinya.

"Pertamanya juga dia ga mau nulis tentang saya atau siapa pun itu dia susah banget. Tapi saya tetep terus-terusan minta tolong. Akhirnya dia ga tahu gimana, dia akhirnya datang," terang Nia.

"Tapi pas setelah itu saya tanya lagi kenapa, salah satunya juga karena ayah mertua saya (Aburizal Bakrie). Dia itu dulu sering dibantu di ITB sama ayah mertua saya, akhirnya dia mau gitu," tuturnya.

Baca Juga: Sebuah Perusahaan Makanan Membela Chuu yang Pernah Menjadi Modelnya dari Tuduhan Blockberry Creative

Sinopsis novel Cerita Ade

Sore hari bulan Juli itu seharusnya menjadi sore yang menenangkan dan menyenangkan untuk Ade nikmati bersama ketiga anaknya. Namun, tiba-tiba tujuh polisi datang untuk menangkap Ade atas tuduhan penyalahgunaan obat terlarang. Dunia Ade seketika terasa hancur lebur. Bagaimana tidak, sebagai seorang megabintang dan istri pengusaha sukses, wajahnya akan muncul di berbagai media massa sebagai pengguna obat terlarang.

Di tengah ketakutan Ade, Arlan sang suami muncul untuk menyerahkan diri. Mereka pun harus menjalani rehabilitasi demi memulihkan diri dari obat terlarang. Ketika menjalani rehabilitasi, Ade harus membuka luka batin yang terpendam, mengingat kembali kenangan masa kecilnya yang memilukan hati.

Mampukah Ade menyembuhkan luka batin masa kecilnya, dan menata kembali kehidupannya bersama Arlan?

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mikha Tambayong dan Deva Mahenra Resmi Menikah

Minggu, 29 Januari 2023 | 10:44 WIB

Bunga Zainal Bagikan Tips Cantik Ala Dirinya

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:28 WIB

Trainee SMROOKIES Akan Langsungkan Debut Tahun Ini

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:06 WIB
X