• Kamis, 18 Agustus 2022

R. Kelly Dihukum 30 Tahun Penjara Atas Kasus Pelecehan Seksual dan Perdagangan Manusia

- Kamis, 30 Juni 2022 | 21:26 WIB
R. Kelly  (YouTube Pitchfork)
R. Kelly (YouTube Pitchfork)

RADIOWEBINDO- Penyanyi R. Kelly dijatuhi hukuman 30 tahun penjara atas kasus pelecehan seksual dan perdagangan manusia.

September lalu, bintang R&B itu diadili di New York City karena pemerasan dan perdagangan seks. Juri pun memutuskan dia bersalah pada kesembilan akun, termasuk satu tuduhan pemerasan dan delapan tuduhan melanggar undang-undang anti perdagangan seks yang dikenal sebagai Mann Act. R. Kelly pun telah ditahan di pusat penahanan Metropolitan di Brooklyn sejak vonis tersebut.

Selanjutnya, hari Rabu (29/6/2022) waktu setempat, Hakim Distrik AS Ann Donnelly menjatuhkan hukuman di pengadilan federal di Brooklyn AS setelah mendengarkan tujuh pernyataan dari para penyintas tentang dampak eksploitasi R. Kelly pada kehidupan mereka. Menurut Associated Press, hakim juga memerintahkan pemilik nama asli Robert Sylvester Kelly tersebut untuk membayar denda $ 100.000 (sekitar Rp 1,49 Miliar).

Baca Juga: Tindak Tegas Pelaku Pelanggaran Hak Artis BTS dan TXT, Ini Pernyataan dari Big Hit Music

“Kengerian yang dialami korban Anda. Tidak ada harga yang terlalu tinggi untuk membayar kebahagiaanmu," ucap hakim.

Pengadilan pun mendengarkan pernyataan korban dari R. Kelly, yang menggambarkan pola kekerasan yang berlangsung selama beberapa dekade.

“Kamu membuatku melakukan hal-hal yang mematahkan semangatku. Saya benar-benar berharap saya akan mati karena betapa rendahnya perasaan Anda terhadap saya. Apakah Anda ingat itu?," kata seorang penyintas yang tidak disebutkan namanya.

Lizzette Martinez, yang baru berusia 17 tahun ketika dia bertemu Kelly di mal Florida, mengatakan dalam pernyataan korbannya, "Robert, Anda menghancurkan begitu banyak kehidupan orang."

Baca Juga: Travis Barker Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Sementara itu, R. Kelly tidak mengucapkan apapun di pengadilan. Pelantun 'Ignition' dan 'I Believe I Can Fly' itu diwakili oleh Jennifer Bonjean, pengacara yang mewakili Billy Cosby.

Sebelumnya, R. Kelly telah membantah keterlibatannya dalam kesalahan apa pun dan berencana untuk mengajukan banding atas hukumannya. “Dia tidak setuju dengan karakterisasi yang dibuat tentang dia,” kata Bonjean.

R. Kelly saat ini menghadapi pengadilan federal lainnya di Chicago untuk pornografi anak dan tuduhan menghalangi keadilan, yang akan dimulai pada 15 Agustus.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rafathar Sakit, Raffi Ahmad: Tolong Doanya Ya!

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:50 WIB

Aktris Anne Heche Mati Otak Akibat Kecelakaan Mobil

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:08 WIB
X