Selebgram Laura Anna Meninggal Dunia, Berikut Riwayat Penyakit yang Dideritanya

- Rabu, 15 Desember 2021 | 17:13 WIB
Laura Anna  (Instagram edlnlaura)
Laura Anna (Instagram edlnlaura)

RADIOWEBINDO- Selebgram Laura Anna meninggal dunia pada Rabu (15/12/2021). Laura meninggal setelah beberapa waktu lalu berjuang memperjuangkan keadilan atas kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mantannya, Gaga Muhammad.

Seperti diketahui, kecelakaan mobil yang menimpanya pada 8 Desember 2019 itu, menyebabkan setengah tubuh Laura lumpuh hingga akhir hayatnya.

Berikut penyakit yang diderita Laura sebelum ia meninggal dunia:

Baca Juga: 'Butter' BTS Kembali ke No 1 di Chart Lagu Hot Trending Billboard Setelah Versi Holiday Remix Dirilis 

Spinal Cord Injury

Spinal cord injury adalah jenis trauma fisik yang sangat serius yang cenderung memiliki dampak jangka panjang maupun permanen dan signifikan pada sebagian besar aspek kehidupan sehari-hari. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sumsum tulang belakang adalah kumpulan saraf dan jaringan lain yang dilindungi oleh tulang belakang.

Tulang belakang memanjang dari otak bagian bawah dan berakhir dekat dengan pantat. Sumsum tulang belakang bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh. 

Rasa sakit dan kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh merupakan salah satu fungsi pesan yang dikirim otak melalui sumsum tulang belakang. Sehingga, jika sumsum tulang belakang mengalami cedera maka hasilnya adalah hilangnya sensasi rasa sakit dan kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh.

Cedera sumsum tulang belakang yang dekat dengan bagian leher biasanya akan menyebabkan kelumpuhan di seluruh bagian tubuh.

Penyebab spinal cord injury adalah penusukan, tembakan, trauma saat kecelakaan, jatuh dari ketinggian, cedera kepala atau tulang belakang saat olahraga, menyelam, dan kesetrum. 

Baca Juga: Kecam Kekerasan Seksual di Ponpes Musi Rawas, Kemen PPPA Dampingi Korban dan Kawal Proses Hukum

Dekubitus

Laura juga mengalami ulkus dekubitus akibat terlalu lama berbaring dan duduk di kursi roda. Hal tersebut diketahui dari unggahan Instagramnya @edlnlaura beberapa waktu lalu untuk menyindir mantan kekasihnya Gaga Muhammad.

Dekubitus merupakan luka akibat tekanan (ulkus dekubitus), yaitu luka pada kulit dan jaringan dibawahnya yang biasanya terjadi pada tonjolan tulang. Kondisi tersebut muncul akibat adanya gaya gesek, peregangan kulit dan tekanan. 

Mengenai tempat-tempat yang beresiko mengalami dekubitus adalah kulit yang melapisi bokong, tulang ekor, tumit ataupun pinggang. Tempat lain yaitu siku, lutut, sendi pergelangan kaki dan bagian belakang bahu juga rentan terkena dekubitus.

Orang yang paling berisiko mengalami luka baring umumnya memiliki kondisi medis yang membatasi kemampuan mereka untuk mengubah posisi atau menyebabkan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur atau kursi roda.

Luka baring dapat berkembang selama berjam-jam atau berhari-hari. Kebanyakan luka baring sembuh dengan pengobatan, tetapi beberapa tidak pernah sembuh sepenuhnya.

Baca Juga: 230 Rumah di Kabupaten Selayar Rusak Akibat Gempa Bumi

Dislokasi Tulang Leher

Laura Anna mengalami dislokasi tulang leher, yang menyebabkan setengah tubuhnya lumpuh.

Dikutip dari Medical News Today, leher terdiri dari tujuh tulang kecil yang disebut vertebra serviks. Tulang-tulang ini berada di antara pangkal tengkorak dan bagian atas bahu, yang fungsinya untuk membantu melindungi sumsum tulang belakang dan saraf halus.

Sebelumnya perlu diketahui, dislokasi adalah kondisi tulang bergeser dari sendi atau posisi yang seharusnya.

Sementara dislokasi tulang leher atau juga disebut cervical dislocation adalah cedera pada tulang belakang leher, dan dua atau lebih tulang belakang yang bersebelahan terpisah secara tidak normal. Hal ini menyebabkan tulang belakang bergeser dari posisi seharusnya.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cha Hun N.Flying Umumkan Tanggal Wajib Militernya

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:15 WIB

CEO SM Entertainment Bagikan Foto Bersama Lucas

Kamis, 2 Februari 2023 | 11:03 WIB

SEVENTEEN BSS Rilis Highlight Medley 'SECOND WIND'

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:55 WIB
X