Simak! Ini Sejumlah Manfaat Yoga untuk Tubuh dan Pikiran

- Minggu, 27 November 2022 | 09:53 WIB
Ilustrasi gerakan yoga (Pixabay/ OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi gerakan yoga (Pixabay/ OpenClipart-Vectors)

RADIOWEBINDO- Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Belakangan ini olahraga tersebut semakin diminati oleh banyak orang.

Meskipun gerakan yoga terbilang sederhana, namun banyak manfaat yang dapat diperoleh jika rutin melakukannya.

Berikut sejumlah manfaat yoga bagi tubuh dan pikiran, dikutip dari Healthline:

Baca Juga: Mengenal Body Mass Index (BMI) dan Cara Menghitungnya

  1. Meningkatkan kekuatan
    Selain melatih kelenturan tubuh, yoga juga dapat meningkatkan kekuatan Anda, lho! Sebagai catatan, manfaat yoga yang satu ini bergantung pada tingkat kelas dan metode yang Anda pilih. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang mengalami peningkatan kekuatan tubuh setelah melakukan yoga secara rutin.
  2. Menurunkan kecemasan
    Banyak orang mulai berlatih yoga sebagai salah satu cara untuk mengatasi perasaan cemas. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa 34 wanita yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan, kemudian mereka berpartisipasi dalam kelas yoga setiap dua kali dalam satu minggu selama dua bulan. Hasilnya, menunjukkan bahwa mereka yang berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.
  3. Membantu menghilangkan stres
    Selama ini, yoga dianggap efektif untuk meredakan stres. Pernyataan tersebut didukung dengan beberapa penelitian yang telah menunjukkan bahwa yoga dapat menurunkan kortisol, yakni hormon yang dihasilkan ketika seseorang mengalami stres. Tidak hanya itu, yoga juga mampu meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mental.
  4. Menjaga fungsi kardiovaskular
    Beberapa orang menyukai yoga lantaran variasi gerakannya yang dianggap mampu melatih pernapasan. Secara khusus, latihan teknik pernapasan yoga dapat membantu meningkatkan beberapa fungsi dalam tubuh, salah satunya yaitu kardiovaskular. Kesehatan sistem kardiovaskular sangat dipengaruhi oleh bagaimana Anda mengendalikan ritme pernapasan.
  5. Membuat tidur lebih nyenyak
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yoga sangat membantu Anda untuk mengendalikan stres sekaligus memperoleh ketenangan mental. Manfaat melakukan yoga terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang, yakni pengurangan gangguan tidur, peningkatan durasi tidur, dan penurunan ketergantungan terhadap obat tidur.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Tahukah Anda, bahwa stres kronis ternyata dapat memberikan dampak negatif bagi sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, Anda menjadi lebih rentan terserang penyakit. Namun seperti yang dibahas sebelumnya, yoga dianggap sebagai metode alternatif yang didukung secara ilmiah untuk meredakan stres.

    Hasil akhir dari sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015, menunjukkan bahwa berlatih yoga secara rutin dapat mengurangi tingkat penanda inflamasi secara lebih efektif.
  7. Mempertahankan keseimbangan
    Keseimbangan sangat penting bagi Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti mengambil sesuatu dari lantai, meraih rak yang tinggi, bahkan ketika menuruni sebuah tangga. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa yoga mampu meningkatkan keseimbangan dan kinerja tubuh secara keseluruhan.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Tips Membangun Kepercayaan dengan Pasangan

Senin, 6 Februari 2023 | 13:29 WIB

5 Kode dari Wanita yang Sulit Dimengerti Pria

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:41 WIB

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:24 WIB

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Dighosting

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:20 WIB

3 Pemikiran yang Merusak Kesempatanmu Menemukan Cinta

Senin, 30 Januari 2023 | 08:11 WIB

Tips Terbaik untuk Menjadi Tetangga yang Baik

Minggu, 29 Januari 2023 | 19:19 WIB
X