• Rabu, 28 September 2022

Dikenal Ampuh Atasi Permasalahan Kulit, Apa Itu Retinol dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:55 WIB
Ilustrasi krim wajah yang mengandung retinol  (Pixabay/stux )
Ilustrasi krim wajah yang mengandung retinol (Pixabay/stux )

RADIOWEBINDO- Retinol adalah bentuk vitamin A. Beberapa orang menyebutnya sebagai vitamin A1.

Dalam beberapa tahun terakhir, retinol mendapatkan popularitas di pasar perawatan kulit, karena efeknya yang dikenal mampi mengatasi masalah kulit seperti penuaan dan jerawat.

Apa itu retinol?

Dikutip dari Medical News Today, retinol adalah sejenis retinoid — kelas obat yang berasal dari vitamin A. Retinoid mencakup produk retinoid yang dijual bebas (OTC) dan obat retinoid resep.

Baca Juga: Ramalan Bintang Hari Ini 2 Agustus 2022 : Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces

Seseorang biasanya akan menggunakan retinol sebagai pengobatan topikal, yang berarti mereka dapat menerapkannya pada kulit mereka.

Retinol dapat menembus lapisan kulit yang dikenal sebagai stratum korneum dan juga dapat sedikit menembus lapisan yang lebih dalam yang dikenal sebagai dermis. Retinol diubah menjadi asam retinoat di dalam tubuh, menurut ulasan penelitian tahun 2019.

Saat hadir di lapisan kulit, retinol meningkatkan pergantian sel dan mencegah pemecahan kolagen, protein yang meningkatkan elastisitas kulit.

Kegunaan

Retinol memiliki banyak kegunaan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, karena kemampuannya menembus stratum korneum dan dermis kulit.

Baca Juga: Ramalan Bintang Hari Ini 2 Agustus 2022 : Leo, Virgo, Libra dan Scorpio

Untuk membantu mengobati jerawat

Retinoid topikal seperti retinol dapat mengurangi pengelupasan kulit abnormal yang menyumbat pori-pori dan membukanya. Retinol juga dapat mengurangi peradangan dengan memblokir molekul yang dapat menyebabkan peradangan.

Tinjauan sistematis tahun 2019 menunjukkan bahwa retinoid topikal secara efektif dan aman mengobati jerawat. Ini juga menunjukkan bahwa dosis retinoid topikal yang digunakan seseorang lebih penting daripada jenis retinoid topikal yang mereka pilih.

Selain itu, tinjauan mencatat bahwa pengobatan retinoid dalam kombinasi dengan agen antimikroba dapat meningkatkan kemanjuran pengobatan jerawat.

Seseorang dengan jerawat parah mungkin memerlukan retinoid yang lebih kuat daripada retinol (retinoid yang lebih lemah), seperti isotretinoin. Retinoid ini umumnya memerlukan resep dari dokter kulit.

Sifat anti-penuaan

Penuaan kulit dapat terjadi karena usia biologis maupun faktor eksternal, seperti paparan sinar ultraviolet (UV), merokok, dan polusi.

Baca Juga: Ramalan Bintang Hari Ini 2 Agustus 2022 : Aries, Taurus, Gemini dan Cancer

Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya elastisitas pada kulit serta lapisan epidermis kulit yang menahan lebih sedikit air. Tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat meliputi garis-garis halus dan keriput.

Kulit yang menua akibat sinar matahari juga dapat menunjukkan bintik-bintik gelap pada kulit, yang dikenal sebagai bintik-bintik penuaan.

Retinol dapat melindungi terhadap kerusakan kolagen, dan merangsang pergantian sel dan produksi kolagen di kulit. Selain itu, retinol dapat memperkuat epidermis dan mengurangi jumlah air yang secara pasif menguap dari kulit.

Hal ini dapat mengakibatkan kulit tampak lebih montok dan dapat mengurangi serta memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Untuk memperbaiki tampilan kulit

Retinol dapat memperbaiki tampilan warna kulit dan tekstur kulit yang tidak merata, karena efeknya pada pergantian sel dan produksi kolagen. Selain itu retinol juga dapat mencerahkan kulit.

Namun, American Academy of Dermatology (AAD) mencatat bahwa orang dengan kulit berwarna, terutama dengan kulit gelap, harus berhati-hati saat menggunakan retinol. Pasalnya retinol dapat menyebabkan iritasi, yang dapat memicu hiperpigmentasi.

Baca Juga: Ramalan Bintang Hari Ini 1 Agustus 2022 : Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces

Manfaat lain menggunakan retinol meliputi:

Pengobatan keratosis pilaris: Retinol dapat mengobati keratosis pilaris, suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan bergelombang, menurut American Osteopathic College of Dermatology (AOCD).

Perlindungan kulit: Penelitian menunjukkan bahwa retinol juga memperkuat dan menebalkan epidermis, yang dapat melindungi kulit dari stresor eksternal seperti polusi.

Meminimalkan bekas luka dan pori-pori: Retinol juga dapat memperbaiki tampilan bekas jerawat. Selain itu juga dapat meminimalisir pori-pori.

Efek samping

Efek samping retinol biasanya akan terjadi ketika seseorang menggunakan retinol untuk jangka waktu yang lama atau menggunakan konsentrasi yang lebih tinggi.

Efek samping yang mungkin terjadi yakni: kekeringan kulit yang berlebihan, kulit memerah, dan kulit gatal.

Sedangkan efek samping yang kurang umum yakni: perubahan warna kulit, sensitivitas terhadap sinar UV, munculnya jerawat, pembengkakan kulit, kulit melepuh.

Penggunaan retinol dapat membuat kulit lebih sensiti sinar matahari, sehingga AAD merekomendasikan penggunaan tabir surya setelah penggunaan retinol dan mengenakan pakaian pelindung.

Baca Juga: Ramalan Bintang Hari Ini 1 Agustus 2022 : Leo, Virgo, Libra dan Scorpio

Bagaimana cara menggunakan retinol?

Sebagai pengobatan topikal, retinol hadir dalam bentuk serum cair, gel, krim, dan emolien. Seseorang yang menggunakan retinol untuk pertama kalinya harus melakukan tes tempel terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kulitnya tidak bereaksi negatif.

Kamu dapat mengoleskan retinol sekali sehari dan sekitar 20-30 menit setelah membersihkan wajah, menurut AOCD.

Rekomendasi AAD adalah bahwa seseorang yang baru memulai retinol harus memulai dengan perlahan dan pada konsentrasi yang lebih rendah untuk menentukan seberapa baik kulit mereka mentolerirnya. AAD juga menyarankan untuk menggunakan retinol di malam hari.

Kamu juga harus memeriksa instruksi produk sebelum digunakan, karena produk yang mengandung retinol akan bervariasi dalam konsentrasi. Jangan lupa oleskan tabir surya setelah penggunaan retinol untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramalan Bintang Hari Ini, Senin 27 September 2022

Selasa, 27 September 2022 | 06:47 WIB

Ramalan Bintang Hari Ini, Minggu 25 September 2022

Minggu, 25 September 2022 | 08:19 WIB

Ramalan Bintang Hari Ini, Sabtu 17 September 2022

Sabtu, 17 September 2022 | 06:50 WIB

Ramalan Bintang Hari Ini, Rabu 14 September 2022

Rabu, 14 September 2022 | 12:03 WIB

Cara Mengecek IMEI iPhone

Selasa, 13 September 2022 | 20:30 WIB

Ramalan Bintang Hari Ini, Selasa 13 September 2022

Selasa, 13 September 2022 | 08:00 WIB

Ramalan Bintang Hari Ini, Senin 12 September 2022

Senin, 12 September 2022 | 07:40 WIB

Ramalan Bintang Hari Ini, Minggu 11 September 2022

Minggu, 11 September 2022 | 08:09 WIB

Cara Kerja Flightradar24, Aplikasi Pelacak Pesawat

Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:32 WIB
X