Mengenal Lebih Dalam Tentang Gundam

- Kamis, 8 Juni 2023 | 19:37 WIB
Gundam  (Instagram gunplatown)
Gundam (Instagram gunplatown)

RADIOWEBINDO- Merakit Gundam adalah salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat dari berbagai kalangan saat ini. Selain menarik, banyak yang bisa dikembangkan dari merakit Gundam. Mulai dari repaint, custom, sampai membuat diorama.

Apa itu Gundam? Banyak orang berpendapat dengan melihat robot dari Jepang mereka menyebut itu Gundam. Gundam adalah sebuah IP (Intelektual Property) yang berasal dari Jepang dan diciptakan oleh Yoshioki Tomino dan Sunrise (sekarang bernama Bandai Namco Filmworks ) pada 7 April 1979.

Berawal dari animasi 50 seri, Gundam mulai digemari dan mulai menjual barang merchandisenya seperti komik, novel, dan mainan yang sekarang digemari yakni Gundam Plastic Model atau biasa di sebut Gunpla. Saat ini Gunpla sendiri menguasai 90 % pasar plastik model di Jepang.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Apple Vision Pro

Hingga saat ini sudah ada ratusan Gundam Model dengan berbagai skala yaitu :

  1. Non Grade / First grade. Ini adalah model awal dari gunpla, biasa perakitan nya memerlukan lem, artikulasi sangat terbatas, dan separasi warna sangat sedikit.
  2. HG / High Grade 1/144. Grade ini adalah grade yang paling banyak digemari. Selain karena harganya yang relatif terjangkau, separasi warna dan artikulasinya juga sudah lebih baik.
  3. MG / Master Grade 1/100. Master Grade ini untuk para penggemar yang suka tantangan lebih. Hal itu karena skala yang lebih besar, detail dan artikulasi juga lebih baik. Tentu saja harganya pun relatif lebih mahal.
  4. RG / Real Grade 1/144. Meskipun 1 skala dengan HG, tetapi skala ini menawarkan sesuatu yang baru, detail yang lebih baik, separasi warna yang banyak, dan artikulasi yang sangat baik.
  5. PG / Perfect Grade 1/60. Ini adalah grade yang paling premium karena ukurannya besar juga detail yang terbaik dari semua lini, dan sudah pasti harga juga paling mahal.
  6. SD / Super Deformed. Gunpla ini menampilkan sesuatu yang berbeda meskipun kecil, tetapi banyak pengemar karena didesain dengan kepala yang besar membuat model jadi lucu dan menarik untuk dikoleksi.
  7. EG / Entry Grade 1/144. Model ini khusus di distribusikan Bandai untuk pasar South East Asia. Model ini sangat cocok untuk pemula. Meskipun harganya murah, detailnya tidak kalah dari HG.
  8. Megasize Model 1/48. Gunpla ini seperti HG dalam skala yang besar, artikulasi sangat terbatas dan perakitan sangat mudah.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Table Top Games

Banyaknya pengemar Gunpla saat ini menjadikan banyak sekali event perlombaan untuk menunjukkan siapa yang bisa membuat gundam yang bagus.

Begitu banyak lomba lokal yang diadakan oleh para komunitas di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Selain itu, adapula event skala internasional yang dibuat oleh Bandai sendiri yang dinamakan GBWC.

Cata untuk mendapatkan gunpla pun sudah sangat mudah. Banyak sekali platform toko online yang menjual gunpla. Kalian tinggal memilih gundam apa yang kalian suka sesuai selera masing-masing.

Akan lebih baik jika merakit gunpla ini sambil berkumpul dan sharing bersama komunitas, agar bisa bertukar pikiran juga bertanya jika di perlukan. Ada beberapa komunitas besar yang bisa kalian pilih seperti Komunitas Gundam Bestie di Jakarta, Gundam Malang, Gundam Bandung Advance di Bandung, dll.***(Ellen Damayanti)

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Berhenti Terobsesi Terhadap Seseorang

Selasa, 5 September 2023 | 11:25 WIB

Jungwoo NCT Menjadi Ambassador Brand Italia Tod's

Senin, 4 September 2023 | 08:48 WIB

5 Tahapan Hubungan yang Harus Dilalui Setiap Pasangan

Kamis, 24 Agustus 2023 | 16:04 WIB

Bahaya Bermalas-Malasan di Awal Usia 20-an

Rabu, 16 Agustus 2023 | 08:48 WIB

Mengenal Lebih Dalam Tentang Gundam

Kamis, 8 Juni 2023 | 19:37 WIB

Mengenal Jenis-Jenis Table Top Games

Selasa, 6 Juni 2023 | 12:25 WIB
X