Kunlavut Viditsarn Kalahkan Pebulutangkis Nomor 1 Dunia Viktor Axelsen di Final India Open 2023

- Minggu, 22 Januari 2023 | 21:01 WIB
Pebulutangkis peringkat 8 dunia asal Thailand, Kunlavut Viditsarn, berhasil menundukkan pebulutangkis peringkat 1 dunia Viktor Axelsen, di final India Open 2023. (Instagram bwf.official)
Pebulutangkis peringkat 8 dunia asal Thailand, Kunlavut Viditsarn, berhasil menundukkan pebulutangkis peringkat 1 dunia Viktor Axelsen, di final India Open 2023. (Instagram bwf.official)

RADIOWEBINDO- Pebulutangkis peringkat 8 dunia asal Thailand, Kunlavut Viditsarn, berhasil menundukkan pebulutangkis peringkat 1 dunia sekaligus favorit juara, Viktor Axelsen, dalam tiga gim 22-20, 10-21, 21-12. Kemenangan tersebut juga merupakan gelar Super 750 pertamanya di Yonex Sunrise India Open di KD Jadhav Indoor Hall, Minggu (22/1/2023).

Atlet muda Thailand ini mengakui bahwa ia memainkan permainan terbaik dalam karirnya dalam pertemuan keenamnya melawan sang juara bertahan Olimpiade tersebut.

"Saya tidak masuk final dengan harapan bisa menang," kata Kunlavut setelah kemenangannya dukutip dari myKhel.

Baca Juga: 10 Orang Tewas Akibat Penembakan Massal Saat Festival Tahun Baru Imlek di California

"Saya memang mendapatkan kepercayaan diri setelah memenangkan game pertama, tetapi saya tidak pernah berpikir saya bisa memenangkan ini setelah kalah di game kedua, tetapi saya tetap berjuang untuk memperebutkan setiap poin," lanjutnya.

Kunlavut mengambil alih kendali awal di final melawan lawan yang jauh lebih unggul dengan memperlambat permainannya untuk mengacaukan ritme Axelsen. Rencana tersebut berhasil pada awalnya saat Kunlavut memimpin 5-3.

Namun, petenis Denmark yang sedang dalam performa terbaiknya itu segera menyamakan kedudukan menjadi 6-6 setelah lawannya melakukan kesalahan sendiri.

Axlesen segera merangsek maju dengan keunggulan yang cukup jauh dengan kesalahan Kunlavut yang menumpuk, namun ia tetap menjaga permainan dengan mengambil langkah untuk menyamakan kedudukan di angka 16-16. Kunlavut mendapatkan momentum dengan merebut beberapa poin krusial untuk menempatkan dirinya di posisi terdepan.

Baca Juga: Fajar/Rian Kalah, Tak Ada Wakil Indonesia di Final India Open 2023

Namun, Kunlavut berhasil memanfaatkan kesalahan sendiri di sisi lapangan lawan untuk merebut game ini dengan skor 22-20.

Axelsen mengalami sedikit kesulitan untuk menyamakan kedudukan kembali dan pada saat yang krusial di angka 20-20.

Viktor Axelsen menghibur para penonton India Open dengan permainan bulutangkis terbaik

Gim kedua Axelsen kembali ke dalam permainannya saat ia menyerang Kunlavut dengan permainan agresifnya dan segera melesat dengan keunggulan 8-3. Pebulutangkis muda itu memainkan permainan ke tangan pebulutangkis nomor satu dunia saat ia meraih dua poin tambahan dari smash-smash pada pengembalian bola yang lemah untuk membuat kedudukan menjadi 11-5 saat jeda game kedua.

Tidak banyak yang berubah setelah jeda karena Viktor terus memetik poin dengan mudah dan unggul untuk merebut game ini dengan skor 21-10 dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Halaman:

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Absen di Babak Final Swiss Open 2023

Minggu, 26 Maret 2023 | 04:48 WIB
X