BNPB Pastikan Letusan Gunung Semeru Tak Akan Sebabkan Tsunami

- Selasa, 6 Desember 2022 | 06:57 WIB
Luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru (Instagram bpbd.lumajang)
Luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru (Instagram bpbd.lumajang)

RADIOWEBINDO- Pasca luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) dini hari, beredar kabar yang menyebut bahwa letusan Gunung Semeru dapat membangkitkan tsunami hingga ke negara Jepang.

Menanggapi hal tersebut, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun angkat bicara. Menurut BNPB, kabar tersebut tidaklah benar.

Pasalnya, Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut sehingga potensi letusan/ pyroclastic/ partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami

Baca Juga: Semakin Mendunia, Pemain NBA Justin Holiday Bangga Kenakan Batik Indonesia

Kemudian, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa, jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkin tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia. 

Berdasarkan analisa tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang, dapat dipastikan tidak tepat. 

Oleh karena itu, BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat agar hanya mempercayai kabar yang berasal dari lembaga yang berwenang di Indonesia, seperti BNPB, BMKG, PVMBG, BPBD dan lembaga-lembaga pemerintah lainnya. 

Editor: Alfia Sudarsono

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Turki Terus Bertambah

Selasa, 7 Februari 2023 | 07:05 WIB
X