Kalahkan Spanyol 2-1, Jepang Berhasil Lolos ke Babak 16 Besar dan Juarai Klasemen Grup E

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:49 WIB
Jepang berhasil melangkah ke babak 16 besar dan menjadi juara klasemen Grup E setelah mengalahkan Spanyol. ( Instagram/@japanfootballassociation)
Jepang berhasil melangkah ke babak 16 besar dan menjadi juara klasemen Grup E setelah mengalahkan Spanyol. ( Instagram/@japanfootballassociation)

RADIOWEBINDO - Timnas Jepang kembali membuat kejutan di Piala Dunia 2022. Mereka berhasil melangkah ke babak 16 besar dan menjadi juara klasemen Grup E setelah mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 pada Kamis (01/12/2022) waktu setempat di Stadion Internasional Khalifa, Qatar.

Spanyol sempat memimpin pertandingan selama babak pertama melalui gol yang dicetak oleh striker Alvaro Morata pada menit ke-11. Namun, Jepang berhasil menyamakan kedudukan Spanyol melalui gol yang dicetak oleh Ritsu Doan pada menit ke-48. 

Selang tiga menit kemudian, Jepang kembali mencetak gol melalui Ao Tanaka yang mendapatkan assist dari Kaoru Mitoma. Tetapi, gol ke-2 dari Jepang pada menit ke-51 tersebut dinilai menjadi gol yang diragukan keabsahannya lantaran posisi bola yang belum sepenuhnya melewati garis di antara tiang dan mistar gawang.

Baca Juga: Brasil Lolos ke Babak 16 Besar Usai Menang 1-0 Hadapi Swiss

Meskipun demikian, Video Assistant Referee (VAR) menyatakan bahwa gol ke-2 dari Jepang dianggap sah. Hingga saat ini, gol tersebut masih menjadi perdebatan publik lantaran kenyataan yang berbeda diperlihatkan dalam rekaman video yang tersebar.

Pasalnya, terlihat jelas bahwa posisi bola masih sejajar dengan garis antara tiang dan mistar gawang yang seharusnya tidak dianggap sebuah gol.

Hal senada juga diungkapkan oleh pelatih Tim Spanyol, Luis Enrique. Ia tidak percaya bahwa Jepang berhasil mencetak dua gol dalam waktu lima menit.

"Saya tidak senang sama sekali. Ya, kami telah lolos, saya ingin berada di puncak untuk memenangkan pertandingan ini. Ini tidak mungkin karena dalam lima menit, Jepang mencetak dua gol," kata Luis Enrique dalam konferensi pers usai pertandingan.

Baca Juga: Drama Jepang 'First Love' Telah Tayang di Netflix, Berikut Sinopsis dan Daftar Pemerannya

Halaman:

Editor: Windy Winiarti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anthony Ginting Gagal ke Final India Open 2023

Sabtu, 21 Januari 2023 | 19:42 WIB
X