Suporter Qatar Balas Aksi Jerman dengan Tutup Mulut dan Memegang Foto Mesut Ozil

- Senin, 28 November 2022 | 08:06 WIB
Timnas Jerman menutupi mulut mereka saat foto tim jelang kick-off lawan Jepang, Rabu (23/11/2022). (Instagram dfb_team)
Timnas Jerman menutupi mulut mereka saat foto tim jelang kick-off lawan Jepang, Rabu (23/11/2022). (Instagram dfb_team)

RADIOWEBINDO- Penggemar sepak bola Qatar membalas protes Piala Dunia Jerman pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB, dengan memegang foto mantan pemain Jerman Mesut Ozil, sambil menutup mulut mereka selama pertandingan melawan Spanyol.

Sekelompok penggemar memegang salinan sketsa Ozil yang digambar tangan, sementara yang lain menunjukkan foto dirinya beraksi untuk Jerman.

Aksi tersebut tampaknya sebagai tanggapan atas aksi pemain Jerman pada Rabu (23/11/2022). Mereka menutupi mulut saat foto tim jelang kick-off lawan Jepang.

Baca Juga: FIFA Selidiki Kontroversi Bendera Nasional Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

Isyarat itu merupakan tanggapan terhadap rencana efektif FIFA terhadap tujuh tim Eropa untuk mengenakan ban lengan yang dipandang sebagai teguran terhadap negara tuan rumah Qatar dan catatan hak asasi manusianya.

Aksi suporter Qatar di Stadion Al Bayt itu merujuk kepada perlakuan Jerman terhadap Ozil. Seperti diketahui, Ozil keluar dari tim nasional setelah menjadi sasaran pelecehan rasis dan dijadikan kambing hitam saat Jeeman tersingkir di awal Piala Dunia 2018.

Mesut Ozil yang merupakan keturunan imigran Turki kelahiran Jerman, menuduh federasi sepak bola negara itu, penggemar, dan media melakukan rasisme dalam perlakuan mereka terhadap orang-orang keturunan Turki.

"Saya orang Jerman saat kami menang, tapi saya seorang imigran saat kami kalah," kata Ozil saat itu.

Serangan terhadap Ozil dimulai sebelum Piala Dunia 2018 ketika ia berfoto dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Serangan itu meningkat setelah turnamen, ditambah pernyataan pedas dari manajer tim Jerman, Oliver Bierhoff dan presiden federasi saat itu, Reinhard Grindel.

Sementara itu, duel Jerman dan Spanyol berakhir imbang 1-1.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anthony Ginting Gagal ke Final India Open 2023

Sabtu, 21 Januari 2023 | 19:42 WIB
X