• Selasa, 29 November 2022

Jerman Kalah 1-2 dari Jepang pada Laga Pembuka Grup E Piala Dunia 2022

- Kamis, 24 November 2022 | 13:40 WIB
Jepang berhasil mengalahkan Jerman dengan skor akhir 2-1 pada laga pembuka Grup E Piala Dunia, Rabu (23/11/2022). (Instagram japanfootballassociation)
Jepang berhasil mengalahkan Jerman dengan skor akhir 2-1 pada laga pembuka Grup E Piala Dunia, Rabu (23/11/2022). (Instagram japanfootballassociation)

RADIOWEBINDO- Jepang berhasil mengalahkan Jerman dengan skor akhir 2-1 pada laga pembuka Grup E Piala Dunia, Rabu (23/11/2022).

Kemenangan mengejutkan tersebut berawal saat babak ke-2, Jepang mencetak dua gol dan berhasil bangkit dari ketertinggalannya atas Jerman.

Gelandang Ilkay Gundogan membawa keunggulan Jerman melalui tendangan penalti pada menit ke-33 di Stadion Internasional Khalifa, Doha. Kemudian, pemain depan Kai Havertz mencetak gol di belakang gawang tepat menjelang paruh waktu. Tetapi gol tersebut dianulir oleh wasit karena offside.

Baca Juga: Gunakan Vaksin IndoVac, Presiden Jokowi Disuntik Booster Kedua

Beberapa saat setelahnya, Jepang membalas dengan gol dari striker Ritsu Doan dan Takuma Asano pada 15 menit terakhir pertandingan. Mereka mengklaim kemenangan pertama mereka atas Jerman sehingga menyebabkan kekecewaan penggemar di awal turnamen.

Hasil tidak terduga ini adalah pengulangan dari mimpi buruk saat Piala Dunia 2018. Di mana saat itu Jerman menjadi juara bertahan, namun mereka kalah dalam pertandingan pembuka saat melawan Meksiko dan Korea Selatan yang menyebabkan Jerman tersingkir di babak penyisihan grup.

Hansi Flick menikmati dominasi pada babak awal dan dihargai ketika Joshua Kimmich memilih David Raum yang berada di ruang kosong dalam kotak dan penjaga gawang Jepang Shuichi Gonda justru menjatuhkan dirinya saat dia berbalik. Gundogan berhasil menjebol gawang Shuichi Gonda melalui penalti pada menit ke-33.

Awalnya, ada sedikit perubahan pola pada babak ke-2 saat tembakan Jamal Musiala melambung dan Gundogan melakukan tendangan ke gawang. Gonda kemudian menebusnya dengan empat penyelamatan berturut-turut untuk menghalangi Jonas Hoffman dan Serge Gnabry.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini Kamis, 24 November 2022: Saksikan Duel Uruguay vs Korea Selatan

Jepang yang tiba-tiba bangkit pun mulai menekan Jerman dan Asano memperlihatkan kekuatan besarnya dengan melakukan tendangan bebas yang tinggi. Ia menahan bek Nico Schlotterbeck dengan teknik fantastis untuk membawa bola menuju ruang tersempit.

Setelah itu, Jerman melakukan serangan tiada henti ke lini pertahanan Jepang, namun gagal. Spanyol akan menjadi lawan selanjutnya yang akan dihadapi Jerman pada 28 November 2022 mendatang. Sedangkan Jepang akan berhadapan dengan Kosta Rika pada 27 November 2022.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Booster Kedua Vaksin Covid-19 untuk Lansia

Rabu, 23 November 2022 | 13:59 WIB

Cristiano Ronaldo Resmi Tinggalkan Manchester United

Rabu, 23 November 2022 | 12:20 WIB
X