Meriahkan Hari Angklung Sedunia Google Doodle Tampilkan Gambar Unik

- Rabu, 16 November 2022 | 07:54 WIB
Google Doodle Rabu (16/11/2022) menampilkan gambar kartun enam orang yang sedang memainkan angklung. (Google )
Google Doodle Rabu (16/11/2022) menampilkan gambar kartun enam orang yang sedang memainkan angklung. (Google )

RADIOWEBINDO- Untuk merayakan angklung sebagai alat musik tradisional Indonesia yang diakui UNESCO sebagai barang Warisan Dunia, Google Doodle hari ini, Rabu (16/11/2022) menampilkan gambar kartun enam orang yang sedang memainkan angklung.

Seperti diketahui, alat musik bambu yang sudah ada sejak 400 tahun yang lalu itu merupakan pokok budaya Indonesia. Angklung (Aksara Sunda Baku: ᮃᮀᮊᮣᮥᮀ) adalah alat musik multitonal yang berkembang dari masyarakat Sunda.

Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. 

Baca Juga: Serba-serbi KTT G20 yang Perlu Diketahui

Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, menuliskan bahwa angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu yang dipotong ujung-ujungnya menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi.

Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010

Doodle Hari Angklung Sedunia ini tak hanya muncul di halaman awal pencarian Google Indonesia, tapi juga di Thailand dan Inggris. Pengguna dapat mengklik ikon doodle angklung pada halaman awal pencarian Google, lalu akan muncul berita atau artikel terkait dengan angklung.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anthony Ginting Gagal ke Final India Open 2023

Sabtu, 21 Januari 2023 | 19:42 WIB
X