• Senin, 5 Desember 2022

Mobil Jenazah Ratu Elizabeth II dirancang Khusus oleh Jaguar Land Rover

- Senin, 19 September 2022 | 20:48 WIB
Mobil jenazah Ratu Elizabeth II  (YouTube The Royal Family Channel )
Mobil jenazah Ratu Elizabeth II (YouTube The Royal Family Channel )

RADIOWEBINDO- Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dari Wellington Arch London ke Windsor dengan mobil jenazah yang dirancang khusus yang ia setujui secara pribadi.

Saat mobil jenazah berangkat, lagu kebangsaan dimainkan, dan para pelayat mulai melemparkan bunga di depan mobil jenazah sebagai penghormatan. Mawar merah tunggal dan karangan bunga lainnya terlihat mendarat di jalan. Kerumunan mulai bersorak saat mobil jenazah lewat.

Raja Charles III, yang telah berjalan di belakang peti mati ibunya dari Westminster Abbey, diikuti dengan mobil ke Windsor bersama dengan Permaisuri Camilla, Pangeran dan Putri Wales dan anggota keluarga kerajaan lainnya, di mana dua layanan lagi akan berlangsung.

Baca Juga: Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Rute ke Windsor melewati:

  • Apsley Way
  • South Carriage Drive
  • Queens Gate
  • Cromwell Road
  • Talgarth Road (via Hammersmith Flyover)
  • Great West Road (A4)
  • Great South West Road (A30)
  • London Road (A30) (via under Chiswick Flyover)
  • Staines Road (A30)
  • Windsor Road (A308)
  • Albert Road (A308) to Shaw Farm Gate

Di Windsor prosesi baru akan berlangsung sebelum peti mati memasuki Kapel St Giles di Kastil Windsor.

Ratu akan dibaringkan bersama suaminya, Pangeran Philip, di Kapel Memorial Raja George VI di Kapel St George di Kastil Windsor. Dia juga akan dimakamkan bersama ibu, ayah, dan saudara perempuan.

Mobil jenazah Ratu Elizabeth diperkirakan didasarkan pada sedan Jaguar XJ 2010 dan dilaporkan dirancang oleh Royal Household dan Jaguar Land Rover. Mereka berkonsultasi dengan Ratu Elizabeth tentang rancangan tersebut dan ia menyetujui model terakhir sebelum kematiannya.

Baca Juga: Mengenal Prof Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers yang Meninggal di Malaysia

Kendaraan itu diubah dan dikustomisasi oleh Wilcox Limousines, yang berbasis di Wigan. Kendaraan itu digunakan untuk pertama kalinya pada Selasa lalu untuk membawa peti mati ratu ke Istana Buckingham setelah tiba dari Edinburgh.

Orang-orang yang berkabung di sepanjang jalan bisa melihat peti mati dengan jelas karena atap kaca dan jendela samping mobil tersebut yang lebar. Bagian atas kaca bening dilengkapi dengan lampu sorot untuk menerangi peti mati yang terbungkus royal standard dengan karangan bunga Balmoral.

Sandi kerajaan pribadi Ratu juga ada di sisi mobil jenazah. Beberapa perubahan lainnya termasuk pilar atap yang lebih tipis dibandingkan model standar dan atap yang lebih tinggi.

Mobil jenazah tersebut selesai di bawah naungan Royal Claret, warna yang sama dengan kendaraan kerajaan dan negara resmi yang disimpan di Royal Mews.

Saat digunakan oleh Ratu, ornamen tudung Spirit of Ecstasy yang ikonik diganti dengan model perunggu St George berlapis perak yang membunuh naga. Maskot khusus George and Dragon digunakan untuk tutup radiator, yang merupakan salah satu fitur utama dari Queen's Phantom.

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan, "The State Hearse telah dirancang untuk memungkinkan anggota masyarakat memiliki pandangan yang jelas tentang Peti Mati Yang Mulia saat melakukan perjalanan melalui London dan Windsor."

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II dikabarkan menyukai Jaguar, Daimler, dan Land Rover.

Karena Ratu meninggal di Balmoral Estate di Skotlandia, Jaguar bukanlah kendaraan pertama yang membawa peti mati. Peti mati itu pertama kali dibawa oleh limusin Mercedes-Benz yang disediakan oleh direktur pemakaman setempat William Purves.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X