• Senin, 5 Desember 2022

Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

- Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB
Anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, di mana jenazahnya akan disemayamkan hingga Senin. (YouTube The Royal Family Channel )
Anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, di mana jenazahnya akan disemayamkan hingga Senin. (YouTube The Royal Family Channel )

RADIOWEBINDO- Ratu Elizabeth II akan dimakamkan hari ini di samping suaminya, Pangeran Philip.

Puluhan ribu orang telah melakukan perjalanan ke London dan Windsor untuk upacara pemakaman dan pemakaman kenegaraan, yang akan ditonton jutaan orang di televisi di seluruh dunia.

Berikut rangkaian proses pemakaman Ratu Elizabeth dikutip dari Sky News, berdasarkan waktu London:

Baca Juga: Daftar Tamu Pemakaman Ratu Elizabeth: Siapa yang Diundang dan Siapa yang Tidak

08:00 Westminster Abbey dibuka

Pintu Westminster Abbey akan terbuka dan para tamu pertama akan mulai duduk. Sebanyak 500 pejabat asing akan hadir di antara 2.000 tamu termasuk politisi, pegawai negeri, beberapa selebritas, dan banyak anggota masyarakat 'biasa' yang dipilih untuk kegiatan amal atau komunitas.

Banyak pemimpin dunia yang bertemu dengan Ratu selama masa pemerintahannya yang panjang akan berada di antara mereka yang mewakili hampir 200 negara dan wilayah.

10.35 Peti mati Ratu meninggalkan Westminster Hall

Tak lama setelah pukul 10.35, peti mati akan diangkat dan dibawa dalam prosesi ke kereta meriam negara Angkatan Laut Kerajaan yang diposisikan di luar pintu utara.

10.44 Prosesi ke Westminster Abbey

Prosesi tersebut akan melibatkan total sekitar 6.000 perwakilan dari ketiga angkatan bersenjata, dengan 98 pelaut Angkatan Laut Kerajaan menarik kereta meriam berusia 123 tahun yang akan membawa peti mati Ratu ke Westminster Abbey.

Acara ini mengikuti tradisi yang ditetapkan pada pemakaman Ratu Victoria pada tahun 1902, ketika kuda panik dan sekelompok pelaut dikomandoi untuk mengangkut kereta melalui jalan-jalan Windsor.

Sejak itu, kereta, yang awalnya dibangun pada tahun 1899, telah disimpan di ruang yang aman bagi lingkungan di HMS Excellent di Portsmouth - di mana penjaganya, Letnan Komandan Paul "Ronnie" Barker memutar rodanya seperempat putaran setiap minggu.

Di belakang peti mati Ratu ada Raja, saudara-saudaranya, dan cucu-cucu Rati. Mereka akan diikuti oleh menantu Ratu, Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, sepupunya Duke of Gloucester, dan keponakannya Earl of Snowdon.

Baca Juga: Raja Charles Mengaku Tersentuh Oleh Simpati Publik Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth

10.52 Tiba di Gereja

Prosesi, yang dipimpin oleh Pipes & Drums dari Resimen Skotlandia dan Irlandia, Brigade Gurkha, dan Angkatan Udara Kerajaan dan berjumlah 200 musisi, akan tiba pada pukul 10.52 pagi dan peti mati akan dibawa ke Gereja untuk kebaktian.

11:00 Layanan pemakaman dimulai

Pemakaman akan dipimpin oleh Dean of Westminster, dengan Perdana Menteri Liz Truss dan Sekretaris Jenderal Persemakmuran untuk membaca Ajaran. Uskup Agung York, Kardinal Uskup Agung Westminster, Moderator Majelis Umum Gereja Skotlandia dan Moderator Free Churches akan mengucapkan doa.

Khotbah akan diberikan oleh Uskup Agung Canterbury, yang juga akan memberikan pujian. Dean of Westminster kemudian akan mengucapkan berkat.

11.55 Iringan Last Post dan hening selama dua menit

Menjelang akhir upacara, iringan nada Last Post akan berbunyi, diikuti dengan mengheningkan cipta selama dua menit untuk di Gereja, dan di seluruh Inggris. Lagu kebangsaan akan dimainkan dan akan ada ratapan pada penutupan kebaktian sekitar tengah hari.

12:15 Prosesi ke Wellington Arch

Peti mati akan dibawa keluar dari Gereja dan dikembalikan ke State Gun Carriage untuk prosesi lain ke Wellington Arch.

Raja dan Anggota Keluarga Kerajaan akan kembali berjalan di belakang Yang Mulia. Permaisuri Ratu, Putri Wales, Duchess of Sussex dan Countess of Wessex akan mengikuti dengan mobil.

Prosesi akan mencakup detasemen dari Angkatan Bersenjata Persemakmuran. Minute Guns akan ditembakkan di Hyde Park oleh The King's Troop, Royal Horse Artilery, dan Big Ben akan berdentang, dengan muffler untuk menenangkan nada bel.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Memberikan Penghormatan Terakhir Bagi Ratu Elizabeth II Jelang Pemakamannya

13:00 Tiba di Wellington Arch

Di Wellington Arch, peti mati akan dipindahkan dari kereta meriam ke mobil jenazah negara bagian untuk melakukan perjalanan ke Windsor.

Saat prosesi berangkat, parade akan memberikan hormat kerajaan dan lagu kebangsaan akan dimainkan. Raja dan anggota Keluarga Kerajaan kemudian akan berangkat ke Windsor.

Orang-orang diharapkan untuk berbaris di rute keluar dari Central London di sepanjang Great West Road, melewati Bandara Heathrow dan melalui Staines sebelum mencapai Windsor.

15:06 Tiba di Windsor

State Hearse akan mendekati Shaw Farm Gate di Albert Road, Windsor, dan bergabung dengan Prosesi yang akan dibentuk. Selanjutnya, akan ada perjalanan Long Walk ke Kapel St George untuk committal service.

15:10 Prosesi Jalan Panjang

Akan ada prosesi yang dipimpin oleh pasukan Kavaleri Rumah Tangga yang diturunkan, dengan piper dan drum dan band dari Pengawal Coldstream. Anggota staf pribadi Ratu akan mengikuti. Rute akan dipagari oleh angkatan bersenjata.

15:40 Keluarga Kerajaan bergabung dalam prosesi

Raja dan anggota Keluarga Kerajaan akan bergabung dalam prosesi di Quadrangle di Kastil Windsor. Senapan Menit yang ditembakkan di East Lawn oleh Pasukan Raja, Artileri Kuda Kerajaan dan Lonceng Menara Jam Malam akan dibunyikan secara bersamaan.

Prosesi akan berhenti di bagian bawah Tangga Barat Kapel St George di Biara Horseshoe, di mana pihak pembawa akan mengangkat peti mati dari mobil jenazah negara bagian dan membawa Prosesi ke Tangga Barat.

Penjaga kehormatan dari Pengawal Grenadier Batalyon 1 akan dibentuk, dan peti mati Ratu akan dibawa dari Tangga Barat ke Kapel.

16:00 Committal service

Sekitar 800 orang, termasuk anggota Rumah Tangga Ratu dan staf perkebunan Windsor, akan menghadiri upacara tersebut. Dean of Windsor akan memimpin kebaktian, dengan doa yang diucapkan oleh rektor Sandringham, menteri Crathie Kirk dan pendeta Windsor Great Park.

Paduan suara Kapel St George akan bernyanyi selama kebaktian. Sebelum himne terakhir, Mahkota Negara Kekaisaran, bola dan tongkat kerajaan akan dikeluarkan dari peti mati Ratu, dan ditempatkan di altar.

Di akhir himne terakhir, Raja akan menempatkan warna Pengawal Grenadier di peti mati. Pada saat yang sama, Lord Chamberlain akan "mematahkan" tongkatnya dan meletakkannya di peti mati.

Peti mati akan diturunkan ke Royal Vault saat Dean of Windsor membacakan mazmur. Piper Ratu akan dimainkan ratapan saat penurunan peti mati.

Uskup Agung Canterbury akan memberikan berkat, dan lagu kebangsaan dinyanyikan. Prosesi ini diperkirakan akan berakhir sekitar pukul 16.30.

19.30 Pemakaman

Prosesi pemakaman akan menjadi acara keluarga yang sangat pribadi. Acara Ini akan dipimpin oleh Dean of Windsor.

Tanah yang akan disebar ke peti mati akan dikumpulkan dari mausoleum kerajaan di Frogmore.

Tempat peristirahatan terakhir Ratu akan menjadi kapel peringatan Raja George VI, sebuah lampiran kecil ke kapel utama di Windsor - tempat ibu dan ayahnya dimakamkan, dan di mana abu saudara perempuannya, Putri Margaret, disimpan.

Ketika Pangeran Philip meninggal, dia untuk sementara dimakamkan di Royal Vault di St George's, tetapi sekarang akan dipindahkan ke kapel peringatan untuk bergabung dengan Ratu, di mana mereka akan beristirahat bersama.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X