• Senin, 5 Desember 2022

Daftar Tamu Pemakaman Ratu Elizabeth: Siapa yang Diundang dan Siapa yang Tidak

- Senin, 19 September 2022 | 08:15 WIB
Foto Ratu Elizabeth II yang diambil saat perayaan Platinum Jubilee  (Instagram theroyalfamily )
Foto Ratu Elizabeth II yang diambil saat perayaan Platinum Jubilee (Instagram theroyalfamily )

RADIOWEBINDO- Hampir 500 pejabat dari seluruh dunia akan datang ke London, Inggris, untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II pada pemakaman kenegaraan penuh di Westminster Abbey, Senin (19/9/2022) waktu setempay.

Mereka akan bergabung dengan anggota keluarga Kerajaan, perdana menteri Inggris dulu dan sekarang, dan tokoh-tokoh penting dari kehidupan publik di salah satu momen diplomatik terbesar abad ini.

Siapa yang akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II?

Baca Juga: Raja Charles Mengaku Tersentuh Oleh Simpati Publik Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth

Keluarga kerajaan

Empat anak mendiang Ratu yakni, Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward akan hadir di pemakaman. Begitu juga dengan pasangan mereka, Permaisuri Camilla, Sophie, Countess of Wessex dan Sir Tim Laurence. Mantan istri Duke of York, Sarah Ferguson, juga diharapkan hadir.

Cucu mendiang Ratu Pangeran William, Prince Harry, Peter Phillips, Zara Tindall, Putri Beatrice, Putri Eugenie, Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn juga akan menghadiri pemakaman.

Pasangan dari keluarga dekat, termasuk Catherine, Putri Wales dan Meghan, Duchess of Sussex juga akan memberikan penghormatan.

Royals lain yang diharapkan untuk menghadiri upacara pemakaman termasuk sepupu Ratu Elizabeth II: Duke of Kent, Pangeran dan Putri Michael dari Kent, Putri Alexandra dan Pangeran Richard, Duke of Gloucester.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Memberikan Penghormatan Terakhir Bagi Ratu Elizabeth II Jelang Pemakamannya

Bangsawan asing

Para raja dari seluruh dunia juga akan terbang ke London untuk memberikan penghormatan. Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol telah dikonfirmasi sebagai tamu, sementara mantan raja dan ratu Juan Carlos dan Sofia telah diundang.

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda, Raja Harald V dan Ratu Sonja dari Norwegia serta Pangeran Albert II dan Putri Charlene dari Monako semuanya telah mengkonfirmasi kehadiran mereka.

Anggota lain dari keluarga kerajaan Eropa juga akan hadir, termasuk Swedia, Denmark, Belgia, dan Yunani.

Perwakilan kerajaan yang akan hadir di pemakaman Ratu Elizabeth II yakni:

• Putra Mahkota Bahrain
• Raja Belgia
• Raja Bhutan
• Sultan Brunei
• Ratu Denmark
• Kaisar Jepang
• Raja Yordania
• Putra Mahkota Kuwait
• Raja Kerajaan Lesotho
• Pangeran Alois dari Liechtenstein
• Duke of Luksemburg
• Sultan Malaysia
• Pangeran Monako
• Putra Mahkota Maroko
• Raja Belanda
• Raja Norwegia
• Sultan Oman
• Amir Negara Qatar
• Salman dari Arab Saudi
• Raja Spanyol
• Raja Swedia
• Raja Tonga
• Presiden UEA

Baca Juga: Seorang Pria Ditangkap Karena Mendekati Peti Mati Ratu Elizabeth II

Pemimpin dunia

Ratu Elizabeth II bertemu dengan para pemimpin dunia yang tak terhitung jumlahnya selama 70 tahun pemerintahannya dan banyak dari politisi ini akan menghadiri pemakaman kenegaraannya.

Perdana menteri yang baru-baru ini ditunjuk, Liz Truss, akan hadir, serta pemimpin partai Buruh, Sir Keir Starmer.

Baik Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon, dan perdana menteri Irlandia, Michael Martin, juga telah mengonfirmasi bahwa mereka akan melakukan perjalanan ke London untuk menghadiri kebaktian tersebut.

Perwakilan dari setiap negara G7 juga akan hadir termasuk: Presiden AS Joe Biden, Presiden Prancis Emanuel Macron, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, Presiden Italia Sergio Mattarella, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Kaisar Jepang Naruhito.

Joe Biden bahkan telah diberi izin khusus untuk menggunakan limusin lapis bajanya, yang dijuluki "the beast", dalam operasi keamanan besar-besaran dengan para pemimpin dunia lainnya yang diperkirakan akan diangkut ke Westminster dari lokasi yang aman untuk mengurangi dampak lingkungan.

Pemerintah juga akan mengundang Donald Trump ke upacara peringatan untuk menghormati Ratu di Washington DC setelah mantan presiden AS itu dikeluarkan dari daftar tamu, menurut laporan The Telegraph.

Selain itu, istri Presiden Ukraina Olena Zelensky, juga akan hadir di antara mereka, mewakili suaminya yang tinggal di sana di tengah berlanjutnya perang dengan Rusia. Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, dan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, juga akan hadir.

Pemimpin dunia lainnya yang juga akan hadir adalah Jacinda Ardern, perdana menteri Selandia Baru, yang dapat membawa 10 tamu termasuk Raja Maori, TÅ«heitia Paki. Rekannya dari Australia Anthony Albanese juga akan hadir. David Hurley, Gubernur Jenderal Australia, juga akan bergabung, begitu pula Jair Bolsonaro, presiden Brasil.

Kantor Yoon Suk-Yeol telah mengonfirmasi kehadiran presiden Korea Selatan. Perwakilan Korea Utara juga akan diizinkan menghadiri pemakaman.

Seperti diketahui, Inggris dan Korea Utara menjalin hubungan diplomatik pada tahun 2000 setelah 60 tahun tanpa kedutaan. Namun, Kim Jong Un, pemimpin negara itu, jarang bepergian ke luar negeri dan kemungkinan tidak akan hadir.

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako akan melakukan perjalanan ke Inggris untuk hadir di pemakaman. Secara tradisional, seorang kaisar Jepang menjauhi pemakaman baik di dalam maupun di luar negeri karena kepercayaan budaya yang didasarkan pada agama Shinto yang menganggap kematian tidak murni.

Karenanya, Keputusan Naruhito untuk menghadiri pemakaman Ratu menggarisbawahi pentingnya dan ikatan yang mendalam antara keluarga kerajaan.

HH Amir Tamim bin Hamad al Thani, Emir Qatar, juga akan menghadiri pemakaman, menurut sumber yang akrab dengan kepemimpinan Qatar.

Presiden Israel akan hadir, namun perdana menteri tidak akan hadir. Meskipun Pemimpin Tertinggi Iran tidak akan hadir, wartawan BBC James Lansdale menegaskan bahwa negara itu akan diwakili di tingkat duta besar.

Recep Tayyip Erdogan, presiden Turki, mengatakan dia akan hadir “jika jadwal memungkinkan”.

Wang Qishan, wakil presiden China, akan menghadiri pemakaman atas undangan Pemerintah Inggris, kata kementerian luar negeri pada hari Sabtu. Namun, kehadirannya telah dikritik oleh anggota parlemen senior Konservatif, yang mengatakan "luar biasa" bahwa perwakilan pemerintah China telah diundang dengan tuduhan genosida di Xinjiang.

Empat pemimpin negara Persemakmuran Pasifik akan bergabung dengan Perdana Menteri Australia di pemakaman Ratu.

Baca Juga: Peti Mati Ratu Elizabeth Tinggalkan Istana Buckingham

Tamu istimewa dan delegasi asing

Tujuh belas dari 23 penerima Victoria Cross dan George Cross akan menghadiri kebaktian, termasuk satu dari Selandia Baru dan empat dari Australia.

Delegasi negara itu juga akan mencakup Kiingi Tuheitia, seorang raja Maori, Dame Kiri Te Kanawa, sopran terkenal, dan pengusaha muda Jacqueline Gilbert.

Juga akan hadir Willie Apiata, seorang prajurit pasukan khusus yang memenangkan Victoria Cross atas keberaniannya di bawah tembakan saat berperang di Afghanistan. Dia adalah satu-satunya penerima Victoria Cross untuk Selandia Baru, yang menggantikan British Victoria Cross pada tahun 1999.

Hak istimewa undangan ini telah diperluas ke semua negara Persemakmuran, sementara negara-negara lain dibatasi hanya untuk dua tamu, selain pejabat negara bagian.

Australia telah menawarkan untuk membantu delegasi dari negara-negara Persemakmuran di Pasifik Selatan terbang ke Inggris untuk menghadiri pemakaman, termasuk Samoa, Tuvalu, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Fiji, Tonga dan Vanuatu.

Trudeau telah mengundang Leslie Arthur Palmer, seorang anggota penjaga pantai yang dianugerahi Canada's Cross of Valor karena menyelamatkan dua nelayan pada tahun 2004. Juga hadir Sandra Oh, aktris Killing Eve, yang merupakan bagian dari delegasi resmi Justin Trudeau. Dia akan berpartisipasi dalam prosesi penerima penghargaan nasional, tetapi tidak diharapkan untuk duduk di Westminster Abbey.

Penerima Orde Kanada lainnya – penghargaan sipil tertinggi kedua di negara itu – termasuk musisi Gregory Charles dan Mark Tewksbury, perenang medali emas Olimpiade juga akan hadir.

Baca Juga: Mengenal Rasuna Said yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Tokoh non-profil 

Ratu Elizabeth memiliki banyak staf yang dekat dengannya. Mereka juga dekat kemungkinan besar akan hadir untuk memberi penghormatan kepada mendiang Ratu. Satu undangan yang dikonfirmasi adalah Angela Kelly, penata rias mendiang Ratu dan orang kepercayaannya.

Almarhum Ratu juga telah menetapkan bahwa penerima kehormatan dari seluruh penjuru Inggris dimasukkan dalam daftar tamu, bersama dengan pemegang George Cross dan Victoria Cross yang keberaniannya dia junjung tinggi.

Siapa yang tidak akan menghadiri pemakaman Ratu?

Undangan pemakaman Ratu belum dikirim ke Rusia, Belarusia, dan Myanmar. Rusia tidak diundang karena invasi Vladimir Putin ke Ukraina, kata sumber diplomatik.

Dikutip dari The Telegraph, menurut Dmitry Peskov, meskipun “orang Rusia menghormatinya karena kebijaksanaannya”, kehadiran Putin di pemakaman mendiang Ratu “tidak dipertimbangkan”.

Venezuela dan Suriah juga tidak diundang karena Inggris tidak memiliki hubungan diplomatik penuh dengan mereka. Tidak ada perwakilan dari Afghanistan yang akan diundang karena situasi politik di sana saat ini.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X