• Senin, 5 Desember 2022

Peti Mati Ratu Elizabeth Tinggalkan Istana Buckingham

- Rabu, 14 September 2022 | 22:10 WIB
Anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, di mana jenazahnya akan disemayamkan hingga Senin. (YouTube The Royal Family Channel )
Anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, di mana jenazahnya akan disemayamkan hingga Senin. (YouTube The Royal Family Channel )

RADIOWEBINDO- Anak-anak, cucu, dan anggota keluarga Ratu Elizabeth berjalan mengantarkan peti mati mendiang Ratu Elizabeth meninggalkan Istana Buckingham untuk terakhir kalinya.

Peti mati mendiang Ratu, yang meninggal pada usia 96 di Skotlandia, melakukan perjalanan dari Istana Buckingham ke Westminster Hall pada Rabu (14/9/2022) waktu setempat dalam prosesi yang khusyuk. Prosesi tersebut diikuti keempat anaknya — Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward —dan beberapa cucunya, termasuk Pangeran WilliamPangeran Harry dan Peter Phillips.

Pangeran William dan Pangeran Harry berjalan berdampingan. Tampak pula suami Putri Anne Sir Tim Laurence, sepupu Ratu Pangeran Richard Duke of Gloucester dan keponakan Ratu David Armstrong-Jones the Earl of Snowdon.

Baca Juga: Mengenal Rasuna Said yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Pangeran Harry dan Pangeran Andrew mengenakan setelan pagi sementara yang lain mengenakan seragam militer, seperti yang diumumkan awal pekan ini bahwa hanya anggota keluarga kerajaan yang bekerja yang akan mengenakan pakaian militer untuk acara seputar pemakaman Ratu Elizabeth.

Kedua pria itu memang mengenakan medali militer di jas mereka — Pangeran Harry bertugas di Angkatan Darat Inggris selama 10 tahun, sementara Pangeran Andrew menghabiskan 22 tahun di Angkatan Laut Kerajaan, melayani sebagai pilot helikopter dalam Perang Falklands pada tahun 1982.

Seorang juru bicara Pangeran Harry mengatakan, "Satu dekade dinas militernya tidak ditentukan oleh seragam yang dikenakannya, dan kami dengan hormat meminta agar fokus tetap pada kehidupan dan warisan Yang Mulia Ratu Elizabeth II."

Sementara itu, istri William dan Harry, Kate Middleton dan Meghan Markle, pergi ke Westminster Hall dengan mobil. Begitu juga dengan Permaisuri Camilla dan Sophie, Countess of Wessex, istri Pangeran Edward.

Baca Juga: Karyawan Clarence House Akan Di-PHK Pasca Raja Charles Pindah ke Istana Buckingham

Kerumunan orang pin berbaris di sepanjang jalan untuk melihat peti mati Ratu. Peti mati ditutupi dengan lambang Kerajaan, di mana Mahkota Negara Kekaisaran (yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth untuk penobatannya dan pada Pembukaan Parlemen Negara) ditempatkan di atas bantal beludru bersama dengan karangan bunga.

Karangan bunga termasuk mawar putih, mawar putih semprot, dahlia putih serta dedaunan termasuk pinus dari kebun Balmoral dan pittosporum, lavender dan rosemary dari kebun di Windsor.

Ketika prosesi tiba di Westminster Hall, keluarga kerajaan menghadiri kebaktian yang berlangsung sekitar 20 menit yang dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury didampingi oleh Dekan Westminster.

Ratu kemudian akan disemayamkan di Westminster Hall selama lima hari, di mana ratusan ribu orang diperkirakan akan datang untuk memberi penghormatan hingga pemakaman pada Senin, 19 September, yang akan dihadiri oleh bangsawan, pemimpin politik, dan tokoh dari seluruh dunia.

Pada hari Senin, peti mati Ratu Elizabeth dibawa melalui jalan-jalan Edinburgh, Skotlandia, dari Istana Holyroodhouse ke Katedral St. Giles di dekatnya. Keempat anaknya - Raja Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward akan ambil bagian.

Setelah pemakaman kenegaraannya, Ratu Elizabeth akan dimakamkan di area Kapel Memorial Raja George VI di Kapel St. George di Kastil Windsor di samping suaminya, Pangeran Philip. Tempat itu juga merupakan peristirahatan terakhir orang tuanya, Raja George VI dan Ibu Suri, juga saudara perempuannya, Putri Margaret.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X