Arti Queen Consort, Gelar Baru Camilla

- Jumat, 9 September 2022 | 17:38 WIB
Camilla  (Instagram clarencehouse )
Camilla (Instagram clarencehouse )

RADIOWEBINDO- Camilla, yang sebelumnya bergelar Duchess of Cornwall, sekarang secara resmi dikenal sebagai Queen Consort setelah kematian Ratu Elizabeth II di usia 96 pada hari Kamis (8/9/2022).

Putra Ratu Elizabeth, Charles, secara otomatis menggantikan ibunya sebagai raja setelah kematiannya. Itu berarti, istri Raja yang baru, Camilla, menjadi Her Majesty The Queen Consort, dan telah terdaftar dengan nama tersebut di situs resmi Keluarga Kerajaan.

Baca Juga: Mengenal Operation London Bridge, Protokol Rahasia Saat Ratu Elizabeth II Dinyatakan Meninggal

Apa yang dimaksud dengan Queen Consort?

Dikutip dari Yahoo News UK, Queen Consort berarti istri Raja (permaisuri). Istri seorang Raja secara otomatis menjadi Queen Consort, dan hanya perubahan undang-undang yang dapat mencegahnya melakukannya.

Mengingat kontroversi masa lalu, dan terdokumentasi dengan baik, seputar hubungan Camilla dan Charles, ada perdebatan bertahun-tahun mengenai apakah dia benar-benar akan menggunakan gelar itu.

Pembantu kerajaan bersikeras Camilla tidak ingin menjadi seorang Ratu dan bahwa dia berniat untuk dikenal sebagai Princess Consort (Permaisuri Putri) ketika Charles naik takhta.

Meskipun demikian, pemerintah dan pakar lainnya mengatakan bahwa kecuali ada perubahan dalam undang-undang, Camilla akan tetap secara hukum menjadi Queen Consort ketika Charles menjadi Raja, tidak peduli apa yang dia pilih untuk menyebut dirinya sendiri.

Bagaimanapun, Ratu Elizabeth, pada malam Platinum Jubilee-nya pada bulan Februari tahun ini, mendukung Camilla untuk dikenal sebagai Queen Consort ketika saatnya tiba.

Ratu mengatakan itu adalah "mharapannya yang tulus bahwa Camilla akan mengambil gelar itu dan meminta publik untuk mendukung menantu perempuannya dan Charles ketika dia menjadi Raja. Camilla kemudian mengatakan bahwa dia merasa sangat terhormat dan sangat tersentuh ‚Äč‚Äčoleh persetujuan publik tersebut.

Camilla akan dimahkotai di sisi Charles pada penobatannya, sama seperti Permaisuri terakhir, Ibu Suri. Dia diharapkan akan mengenakan mahkota penobatan Ibu Suri pada 1937 lalu.

Baca Juga: Ratu Elizabeth akan Dimakamkan Bersama Pangeran Philip di Kapel Raja George VI

Apa peran Camilla?

Sebagaimana tertuang di situs Keluarga Kerajaan, "Yang Mulia Permaisuri (sebelumnya HRH The Duchess of Cornwall) mendukung suaminya, sebelumnya The Prince of Wales, sekarang His Majesty The King, dalam menjalankan pekerjaan dan tugasnya. Dia juga melakukan keterlibatan publik atas nama badan amal yang dia dukung.

Dalam beberapa tahun terakhir, Camilla secara bertahap mengambil posisi yang lebih menonjol dalam Keluarga Kerajaan, termasuk duduk di samping Ratu dalam prosesi kereta Diamond Jubilee-nya.

Dia juga mulai menghadiri Pembukaan Parlemen Negara. Dia diangkat menjadi Penasihat pada tahun 2016 menjelang ulang tahun resmi ke-90 Ratu, yang berarti Camilla akan berada di samping Charles ketika dia secara resmi dinyatakan sebagai raja di Dewan Aksesi.

Melalui kegiatan amal yang memperjuangkan literasi, dan menyoroti masalah kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan seksual, Camilla telah mengukir peran kerajaannya sendiri.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Absen di Babak Final Swiss Open 2023

Minggu, 26 Maret 2023 | 04:48 WIB

1 Ramadan 1444 H Jatuh Pada Kamis, 23 Maret 2023

Rabu, 22 Maret 2023 | 20:02 WIB
X