Mengenal Komjen Ahmad Dofiri, Sosok Pemimpin Sidang Etik Ferdy Sambo 

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:29 WIB
Ahmad Dofiri saat menjabat sebagai Kapolda Jabar (YouTube HUMASPOLRES CIREBON)
Ahmad Dofiri saat menjabat sebagai Kapolda Jabar (YouTube HUMASPOLRES CIREBON)

RADIOWEBINDO- Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang etik terkait kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, hari ini, Kamis (25/8/2022). Sidang etik ini digelar untuk menentukan sanksi terhadap Ferdy Sambo. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk langsung Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Ahmad Dofiri untuk menjadi Ketua Komisi Etik Polri (KKEP).

Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Ahmad Dofiri (kedua dari kanan) memimpin sidang etik Ferdy Sambo (YouTube DIV HUMAS POLRI)


Ahmad Dofiri sendiri merupakan bagian dari timsus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kasus ini. Dofiri juga disebut berperan di balik kesediaan Richard Eliezer alias Bharada E membongkar apa yang sebenarnya terjadi terhadap Brigadir J pada Jumat, 8 Juli 2022 di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Beredar Foto Brigadir J Tengah Menyetrika Seragam Anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

Lantas, siapakah sosok Ahmad Dofiri?

Komjen Ahmad Dofiri lahir di Indramayu, Jawa Barat, 4 Juni 1967. Ia menyelesaikan studinya di Akademi Polisi (Akpol) pada tahun 1989 dengan predikat lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa di angkatannya.

Jabatan awal yang diemban Dofiri yakni Kanit Resintel Polsekta Tangerang pada tahun 1990. Selanjutnya, Dofiri menjabat Kassubag Jabpamentil Bagian SDM Polri pada tahun 2005.

Tahun 2009 Komjen Dofiri menjadi Wakapolwiltabes Bandung. Di tahun yang sama, dia lalu menjadi Kapoltabes DIY.

Dofiri juga pernah menjabat sebagai Karobinkar SSDM Polri pada tahun 2014 lalu. Kemudian, pada tahun 2016, Dofiri menjadi Kapolda di Provinsi Banten.

Tidak lama, masih di tahun 2016 Ahmad Dofiri dilantik menjadi Kapolda di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, yakni di tahun 2020.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Turki Terus Bertambah

Selasa, 7 Februari 2023 | 07:05 WIB
X