• Rabu, 28 September 2022

Mahfud MD Sebut Ferdy Sambo Lakukan Jebakan Psikologis Untuk Perkuat Skenario Penembakan Brigadir J

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:12 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD  (Instagram mohmahfudmd)
Menko Polhukam Mahfud MD (Instagram mohmahfudmd)

RADIOWEBINDO- Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan bahwa Irjen Ferdy Sambo lebih dulu melakukan jebakan psikologis kepada sejumlah pihak, sebelum menjalankan skenario penembakan Brigadir Joshua Hutabarat.

"Sebelum skenario itu dimunculkan kan, tidak banyak yang tau misalnya sudah ada jebakan psikologis kepada orang-orang tertentu untuk mendukung bahwa ada tembak menembak," ujar Mahfud MD dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier yang diunggah Jumat (12/8/2022).

Mahfud menyebut, salah satu pihak yang terkena jebakan psikologis Ferdy Sambo adalah lembaga Kompolnas. Pada Senin (11/7/2022), Ferdy Sambo mengundang Kompolnas ke kantornya. 

Baca Juga: Tanggapi Wacana Luhut Soal Usulan TNI/Polri Tugas di Kementerian, Presiden Jokowi: Belum Mendesak

"Hanya untuk apa? Hanya untuk nangis di depan Kompolnas. Nangis saya (Sambo) teraniaya, kalau saya sendiri ada di situ saya tembak habis dia. Apa yang terjadi pak? Saya terhina saya dizolimi. Nangis-nangis gitu," ungkap Mahfud.

Tidak hanya Kompolnas, Irjen Ferdy Sambo pun memanggil pihak lain ke kantornya, lalu melakukan hal yang sama.

"Berarti ada upaya pengkondisian psikologis agar ada orang yang nanti membela menyatakan bahwa itu terzolimi dan itu betul kan. Kompolnas dan Komnas HAM langsung bilang betul kan, semula awalnya," kata Mahfud. 

"Teman anda juga. Orang terkenal. Namanya (disensor). Dibilang begitu juga dan beberapa orang lagi dihubungi dia hanya nangis saja. Saya dizolimi," lanuljutnya.

Mahfud menjelaskan, Ferdy Sambo melakukan suatu pengkondisian dengan mengatakan bahwa istrinya dilecehkan. Dengan demikian, sejumlah pihak yang nantinya akan memeriksanya, percaya bahwa Ferdy Sambo dizalimi.

"Kalau ada jenderal nangis, wah ini beneran. Kan gitu kira-kira secara psikologis," tutur Menko Polhukam.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mencopot sejumlah perwira dari jabatannya hingga menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka terkait kasus penembakan Brigadir Joshua Hutabarat. Penetapan Ferdy sebagai tersangka dilakukan Kapolri pada Selasa malam lalu, 9 Agustus 2022. 

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mulan Jameela Kritik Wacana Konversi Kompor Listrik

Jumat, 23 September 2022 | 15:35 WIB

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Senin, 19 September 2022 | 14:38 WIB

Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB

Mengenal Rasuna Said yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Rabu, 14 September 2022 | 11:21 WIB
X