• Sabtu, 1 Oktober 2022

Tujuh Orang Tewas Akibat Banjir Bandang di Korea Selatan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:59 WIB
Sungai Dorimcheon, Seol, Korea Selatan meluap akibat hujan deras (Twitter @SS_Momoko)
Sungai Dorimcheon, Seol, Korea Selatan meluap akibat hujan deras (Twitter @SS_Momoko)

RADIOWEBINDO- Stasiun kereta bawah tanah dan jalan utama di ibu kota Korea Selatan, Seoul, terendam setelah hujan deras yang menyebabkan banjir bandang. Tujuh orang tewas dan tujuh lainnya dilaporkan hilang, Selasa (9/8/2022).

Laporan lokal mengatakan, tiga orang yang tinggal di sebuah banjiha (flat basement sempit seperti yang terkenal dalam film pemenang Oscar Bong Joon-ho 'Parasite') termasuk seorang remaja, meninggal ketika apartemen mereka dibanjiri air.

Data dari Administrasi Meteorologi Korea menunjukkan, Gangnam, sebuah distrik kaya di selatan Seoul, yang ditampilkan dalam hit K-pop Psy tahun 2012 'Gangnam Style'-- menerima curah hujan 326,5 mm pada hari Senin.

Baca Juga: Mau Merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Istana Merdeka? Begini Caranya

Gambar-gambar dramatis yang dibagikan di media sosial pada Senin malam menunjukkan orang-orang mengarungi air setinggi pinggang, stasiun metro meluap, dan mobil setengah terendam di distrik mewah Seol, Gangnam.

Menurut Kantor Berita Yonhap Seoul, hujan yang dimulai pada hari Senin adalah curah hujan terderas di Korea Selatan dalam 80 tahun. Yonhap mengatakan bahwa hujan yang turun merupakan yang terberat yang tercatat sejak 1942.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol memerintahkan pejabat pemerintah untuk mengevakuasi penduduk dari daerah berisiko tinggi, dan mendorong bisnis untuk mengizinkan karyawan dengan jam kerja yang fleksibel pada Selasa pagi.

"Hujan deras yang memecahkan rekor di wilayah tengah sejak kemarin telah menyebabkan banyak kerusakan, termasuk korban yang tidak beruntung," kata Yoon dalam sebuah posting Facebook pada hari Selasa.

Presiden Yoon menambahkan bahwa pemerintah akan segara memberikan pemulihan dan perbaikan kerusakan.

Sementara itu, Administrasi Meteorologi Korea (KMA) memperingatkan warga Korea Selatan untuk berhati-hati terhadap hujan lebat, angin kencang, serta guntur dan kilat di wilayah tengah selama beberapa hari ke depan. KMA juga mengatakan bahwa hujan hingga 300 milimeter diperkirakan akan turun di wilayah tengah, termasuk Seoul, hingga Kamis.

Pemadaman listrik dilakukan di seluruh ibu kota pada Senin malam, sementara beberapa operasi layanan metro dan kereta api Seoul untuk sementara terganggu oleh hujan lebat.

Terminal bus ekspres Seoul di Gangnam juga terendam. Air banjir merembes ke sebuah kafe dan perpustakaan di Pusat Pameran dan Konvensi COEX di area yang sama.

Yonhap melaporkan, banyak jalan dan terowongan ditutup untuk alasan keamanan. Selain itu, Jalur pendakian di banyak taman nasional negara ditutup, dan rute feri penumpang, termasuk yang dari pelabuhan Incheon, ditangguhkan.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Akhirnya Ditahan

Jumat, 30 September 2022 | 20:46 WIB

Mulan Jameela Kritik Wacana Konversi Kompor Listrik

Jumat, 23 September 2022 | 15:35 WIB

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Senin, 19 September 2022 | 14:38 WIB

Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB
X