• Sabtu, 1 Oktober 2022

Juara NBA dan Legenda Celtics Bill Russell Meninggal Dunia

- Senin, 1 Agustus 2022 | 11:25 WIB
Bill Russell  (Instagram nba)
Bill Russell (Instagram nba)

RADIOWEBINDO- Bill Russell, legenda Boston Celtics yang memenangkan 11 gelar NBA — termasuk dua sebagai pemain-pelatih — dan merupakan pelatih kepala pertama kulit hitam pro bola basket, meninggal dunia Minggu(31/7/2022) waktu setempat di usia 88 tahun.

Dalam sebuah pernyataan, keluarga Russell mengatakan istrinya, Jeannine, berada di sisinya, dan berterima kasih kepada para penggemar karena telah mendoakan Bill.

"Harapan masing-masing dari kita dapat menemukan cara baru untuk bertindak atau berbicara dengan komitmen Bill yang tanpa kompromi, bermartabat, dan selalu konstruktif terhadap prinsip. Itu akan menjadi kemenangan terakhir, dan abadi, untuk #6 kita tercinta," ucap pihak keluarga dikutip dari The Week.

Baca Juga: Jelang HUT RI, Berikut Waktu dan Aturan Pemasangan Bendera Merah Putih

Semasa hidupnya, Bill Russell memiliki karir produktif yang dimulai di perguruan tinggi, ketika dia memimpin tim bola basket Universitas San Francisco meraih gelar NCAA pada tahun 1955 dan 1956. Dia memenangkan emas bersama Tim USA di Olimpiade Musim Panas 1956 di Melbourne, dan bermain dengan Celtics dari tahun 1956 hingga 1969.

Dia meraih Most Valuable Player (MVP) lima kali dan All-Star 12 kali, dan pada tahun 1980, penulis bola basket memilihnya sebagai pemain terhebat dalam sejarah NBA. Tidak hanya itu, pada 2011, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama menganugerahinya Presidential Medal of Freedom.

Bill Russell adalah seorang aktivis hak-hak sipil yang menghadiri March on Washington pada tahun 1963 dan mendukung Muhammad Ali ketika dia menolak rancangan Perang Vietnam.

"Bill berdiri untuk sesuatu yang jauh lebih besar daripada olahraga: Nilai kesetaraan, rasa hormat, dan inklusi yang dia stempel ke dalam DNA liga kami," kata Komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan.

"Pada puncak karir atletiknya, Bill dengan penuh semangat mengadvokasi hak-hak sipil dan keadilan sosial, sebuah warisan yang dia turunkan ke generasi pemain NBA yang mengikuti jejaknya," tuturnya.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Akhirnya Ditahan

Jumat, 30 September 2022 | 20:46 WIB

Mulan Jameela Kritik Wacana Konversi Kompor Listrik

Jumat, 23 September 2022 | 15:35 WIB

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Senin, 19 September 2022 | 14:38 WIB

Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB
X