• Sabtu, 1 Oktober 2022

Penuhi Ancamannya, Kominfo Blokir Steam, Epic Games, Counter Strike, Dota, dan Origin

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:48 WIB
Ilustrasi Steam (Instagram steamcom.id)
Ilustrasi Steam (Instagram steamcom.id)

RADIOWEBINDO- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai memblokir sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) besar yang ada di Indonesia, mulai hari ini, Sabtu (30/7/2022).

Lima platform digital yang telah diblokir Kominfo termasuk kategori platform game dan distribusi game populer yang ada di Tanah Air, yakni: Epic Games (platform distribusi game), Steam (platform distribusi game), Dota (game), Counter Strike (game), Origin (EA).

Kelima platform digital tersebut mulai diblokir Kominfo karena belum juga mendaftarkan diri ke Kominfo setelah dikirimi surat teguran. Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Baca Juga: Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil: Biarkan Tetap Slebew

Oleh karena itu, gamer di Tanah Air tidak bisa lagi mengakses platform di atas untuk menemukan informasi, mengunduh, memainkan, dan membeli game favoritnya lewat kelima situs di atas.

Sebelumnya, Kominfo telah mengirimkan surat teguran kepada Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, Origin pada Sabtu, 23 Juli lalu. Surat teguran itu berlaku selama lima hari kerja kerja setelah surat dikirim sehingga perhitungan hari tersebut dimulai pada Senin 25 Juli sampai Jumat 29 Juli 2022.

Rencana pemblokiran itu benar-benar dilakukan Kominfo pada Sabtu (30/7/2022) pagi, atau sehari setelah surat teguran berlaku.

Selain diblokir, alamat URL epicgames.com, steampowered.com, dota2.com, origin.com juga sudah masuk dalam daftar pemblokiran TRUST Positif. Trust Positif adalah situs yang dibuat Kemenkominfo untuk menampung aduan-aduan dari masyarakat terkait konten internet.

Meski sudah mulai diblokir, akses platform Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin masih dapat dibuka kembali. Caranya adalah dengan melengkapi pendaftaran PSE melalui Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA).

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Akhirnya Ditahan

Jumat, 30 September 2022 | 20:46 WIB

Mulan Jameela Kritik Wacana Konversi Kompor Listrik

Jumat, 23 September 2022 | 15:35 WIB

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Senin, 19 September 2022 | 14:38 WIB

Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB
X