• Sabtu, 1 Oktober 2022

Atlet Figure Skating Legendaris Jepang Yuzuru Hanyu Pensiun dari Kompetisi

- Rabu, 20 Juli 2022 | 16:40 WIB
Atlet figure skating Jepang Yuzuru Hanyu mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa (19/7/2022). (YouTube NHK WORLD-JAPAN)
Atlet figure skating Jepang Yuzuru Hanyu mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa (19/7/2022). (YouTube NHK WORLD-JAPAN)

RADIOWEBINDO- Juara figure skating putra Olimpiade dua kali Yuzuru Hanyu mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa (19/7/2022). Hanyu Yuzuru membuat pengumuman itu pada konferensi pers di Tokyo, Jepang.

"Saya telah memutuskan untuk terjun ke dunia skating profesional", ucap Hanyu dikutip dari website resmi Olympics.

"Saya tidak sedih sama sekali. Tidak ada kesedihan. Dan saya ingin terus bekerja," lanjutnya.

Baca Juga: WhatsApp, Facebook, hingga IG Terancam Diblokir oleh Kominfo

"Tapi saya tidak lagi terbatas pada bidang kompetisi lagi. Saya pikir saya bisa membawa figure skating ke tempat yang berbeda dengan cara yang berbeda sekarang," tuturnya.

Hanyu mengatakan dia membuat keputusan terakhirnya saat dia dalam perawatan keseleo pergelangan kaki kanan yang dideritanya.

“Saya dapat mengatakan dengan pasti bahwa saya tidak akan melewatkan ketegangan kompetisi,” katanya.

"Tapi saya berharap untuk bekerja sekeras sebelumnya sehingga orang-orang ingin terus mendukung Hanyu seperti yang mereka kenal," sambungnya.

"Setelah Olimpiade Beijing ketika saya tiba di rumah, saya tidak bisa bermain skate karena sakit di pergelangan kaki. Saya memikirkan banyak hal saat itu, tetapi saya merasa bahwa saya tidak perlu berada di panggung ini selamanya," ucapnya.

Baca Juga: Kronologi Kisruh MS Glow VS PS Glow

Olimpiade adalah "bukti bahwa saya hidup"

Penduduk asli Sendai, Prefektur Miyagi itu dikenal luas sebagai skater figur pria terhebat sepanjang masa.

Pemain berusia 27 tahun itu mengakhiri karir yang dimulai ketika ia berusia 4 tahun, dan berakhir dengan finis keempat di Beijing setelah upaya bersejarah di quadruple Axel.

Yuzuru Hanyu tidak membahas masa depannya sejak Beijing. Bulan lalu, dia menyelesaikan tur pertunjukan es di empat tempat selama sebulan di Jepang.

Selama karirnya, Hanyu memenangkan hampir semua yang ada untuk menang di atas es.

Dia meraih dua kejuaraan dunia, empat kemenangan Grand Prix Final dan enam kejuaraan nasional termasuk tahun lalu, yang dia menangkan untuk mendapatkan tiketnya ke Beijing.

Skor tertingginya datang di Skate Canada pada 2019, ketika ia menghasilkan 322,59 poin. Yang terbaik dalam program pendek adalah 111,82, 212,99 di free skate.

Pada tahun 2018 setelah kemenangan Olimpiade keduanya di PyeongChang - ia menjadi pria pertama dalam 66 tahun yang mengulang sebagai juara tunggal - Hanyu menerima Penghargaan Kehormatan Rakyat - penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga sipil di Jepang.

Namun dari semua prestasinya, Olimpiade memiliki tempat khusus di hatinya.

“Tidak perlu dikatakan bahwa Olimpiade bagi saya, setelah menang berturut-turut, telah menempatkan saya di tempat saya sekarang”, katanya. "Ini adalah tempat dimana saya dapat membuktikan bahwa saya bermimpi, bahwa saya berusaha."

"Itu memberi saya bukti bahwa saya hidup," ujarnya.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Akhirnya Ditahan

Jumat, 30 September 2022 | 20:46 WIB

Mulan Jameela Kritik Wacana Konversi Kompor Listrik

Jumat, 23 September 2022 | 15:35 WIB

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Senin, 19 September 2022 | 14:38 WIB

Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB
X