• Kamis, 18 Agustus 2022

MenPAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Setelah Idap Infeksi Paru-paru

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:11 WIB
MenPAN RB Tjahjo Kumolo  (Instagram tjahjo_kumolo)
MenPAN RB Tjahjo Kumolo (Instagram tjahjo_kumolo)

RADIOWEBINDO- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini, Jumat, (1/7/2022) pukul 11.00 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Mantan Sekjen PDIP tersebut sebelumnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama dua pekan akibat penyakit infeksi paru-paru.

Jenazah Tjahjo Kumolo lalu disemayamkan di kantor Kementerian PAN RB, Jakarta.

Baca Juga: Kepada Presiden Putin, Presiden Jokowi Minta Jaminan Keamanan Rusia Bagi Jalur Ekspor Pangan Ukraina

Biodata

Tjahjo Kumolo lahir di Solo, 1 Desember 1957. Dia menempuh pendidikan SD di SD Rejosari - Semarang, SMP Negeri IV - Semarang, SMA Negeri I - Semarang. Tjahjo kemudian menempuh pendidikan di Fakultas Hukum UNDIP. Pendidikan Lemhannas juga pernah dijalaninya.

Tjahjo menjadi anggota MPR/DPR RI sejak 1986 - 2014 atau selama enam periode. Selema berkiprah di legislatif, Tjahjo menduduki sejumlah jabatan antara lain Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI (1 Tahun), Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI (2 Tahun), dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI (6 Tahun).

Dia juga menjadi Ketua Tim Kerja sama Parlemen Indonesia - Jepang (3 Tahun). Selain itu, Tjahjo Wakil Ketua Tim Lumpur Lapindo DPR RI, anggota Badan Musyawarah DPR RI, dan anggota Komisi I, III, dan IX DPR RI/Anggota BKSAP.

Kemudian, di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla, dia diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya, dalam Kabinet Indonesia Maju, Tjahjo diangkat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca Juga: Bertemu Presiden Putin, Presiden Jokowi Nyatakan Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Dikutip dari laman resmi Kemenpan RB, Karier Tjahjo di PDIP juga cukup lama. Pada 1997 dia menjadi Direktur SDM PDI. Kemudian, pada 2005 menjadi Ketua DPP PDIP. Selanjutnya, pada 2010 - 2015 Tjahjo menjadi Sekjen PDI Perjuangan.

Tjahjo Kumolo juga aktif di berbagai organisasi dan menduduki jabatan penting, antara lain Ketua KNPI Jawa Tengah, Sekjen KNPI, Ketua Umum KNPI, Ketua Pemuda Panca Marga Pusat, Dewan Pertimbangan FKPPI Pusat, Anggota Pleno DHN 45, Anggota Dewan Film Nasional,Wakil Ketua AMPI Jawa Tengah, dan Sekretaris MKGR Jateng. Tjahjo juga menjadi Sekretaris Pribadi Taufik Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri, selama enam tahun.

Suami dari Erni Guntarti ini pernah mendapatkan sejumlah penghargaan dan tanda jasa, antara lain Bintang Alumni Kehormatan AKPOL Semarang, Penghargaan Bintang Emas dari KAPOLRI, Pin Alumni Kehormatan IPDN, Bintang Penghargaan Kerajaan Sulawesi, dan Bintang Penghargaan Pemda Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepergian Tjahjo Kumolo meninggalkan seorang istri dan 3 anak.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tata Cara dan Susunan Acara Upacara 17 Agustus

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:35 WIB

Makna Tema dan Logo Peringatan HUT RI Ke-77

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:37 WIB

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 41 Telah Dibuka

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:13 WIB

Bharada E ungkap Kronologi Penembakan Brigadir J

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:04 WIB
X