• Kamis, 18 Agustus 2022

Jalani Misi Perdamaian, Presiden Joko Widodo Temui Presiden Zelenskyy di Ukraina

- Rabu, 29 Juni 2022 | 21:20 WIB
Presiden Jokowi disambut langsung oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022) (Instagram jokowi)
Presiden Jokowi disambut langsung oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022) (Instagram jokowi)

RADIOWEBINDO- Presiden Joko Widodo tiba di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022) sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Kedatangan Presiden Jokowi disambut langsung oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana.

Setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pertemuan empat mata.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Instagram jokowi)


Sebelumnya, dalam keterangan pers Minggu (26/6/2022) pagi, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa lawatannya ke Ukraina dan Rusia untuk bertemu pemimpin kedua negara membawa misi perdamaian.

Baca Juga: Dampingi Presiden Jokowi, Ibu Iriana Serahkan Bantuan untuk Rumah Sakit di Kyiv - Ukraina

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

“Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena perang memang harus dihentikan, dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” ujar Presiden.

Usai dari Ukraina, Presiden diagendakan akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” terang Presiden.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi adalah ketua negara-negara Kelompok 20 (G20) dan salah satu dari enam pemimpin dunia yang ditunjuk PBB sebagai champions of the Global Crisis Response Group (GCRG), yang dibentuk untuk mengatasi ancaman kelaparan dan kemiskinan akibat perang Di Ukraina.

Editor: Alfia Sudarsono

Sumber: Sekretariat Kabinet RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tata Cara dan Susunan Acara Upacara 17 Agustus

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:35 WIB

Makna Tema dan Logo Peringatan HUT RI Ke-77

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:37 WIB

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 41 Telah Dibuka

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:13 WIB

Bharada E ungkap Kronologi Penembakan Brigadir J

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:04 WIB
X