• Minggu, 3 Juli 2022

Apa Itu WhatsApp Web dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

- Senin, 9 Mei 2022 | 12:55 WIB
Aplikasi WhatsApp  (Instagram whatsapp)
Aplikasi WhatsApp (Instagram whatsapp)

RADIOWEBINDO- Layanan WhatsApp memiliki aplikasi web dan desktop yang menawarkan cara lain untuk mempermudah penggunanya selalu mengikuti semua pesan WhatsApp sepanjang hari.

Versi web dan aplikasi desktop untuk macOS dan Windows bekerja dengan cara yang hampir sama dan sangat mirip dengan aplikasi ponsel WhatsApp Anda.

Untuk mengunduh aplikasi desktop WhatsApp, buka whatsapp.com/download dari browser desktop Anda dan tekan unduh. Atau, jika Anda tidak ingin mendownload, buka versi berbasis web di web.whatsapp.com.

Baca Juga: Miliarder Amerika, Todd Boehly, Resmi Menjadi Pemilik Baru Chelsea

Berikut adalah panduan singkat untuk mendapatkan hasil maksimal dari WhatsApp Web:

Apa itu aplikasi desktop dan web WhatsApp?

Aplikasi web dan desktop WhatsApp adalah perpanjangan dari ponsel cerdas Anda. Mereka mencerminkan semua percakapan dan pesan yang Anda miliki di aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan memungkinkan Anda untuk melihat semuanya dan membalas semuanya di PC atau Mac menggunakan keyboard komputer Anda alih-alih keyboard di ponsel cerdas Anda.

Anda dapat melihat dengan tepat apa yang sedang terjadi di dunia WhatsApp Anda saat mengerjakan dokumen Word atau membalas email, tanpa perlu mengeluarkan ponsel dari saku Anda.

Bagaimana cara kerja desktop dan web WhatsApp?

Untuk melakukannya, Anda harus memindai kode QR menggunakan ponsel dan mengautentikasi ponsel dengan PIN, sidik jari, atau ID Wajah untuk mengakses pesan dan percakapan Anda. Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat meletakkan ponsel Anda di laci meja atau saku Anda dan melupakannya.

Aplikasi Desktop dan Web WhatsApp akan menampilkan semua percakapan Anda, mengirimkan pesan baru, dan memungkinkan Anda untuk memulai obrolan baru atau mencari percakapan Anda saat ini. Anda juga akan mendapatkan akses ke profil Anda, bersama dengan beberapa pengaturan dasar dan semua obrolan yang diarsipkan.

Aplikasi ini tidak menawarkan fungsionalitas yang persis sama dengan aplikasi ponsel cerdas dalam hal pengaturan, tetapi menanggapi pesan dan memulai obrolan baru adalah sama, hanya lebih mudah dan lebih cepat karena Anda memiliki layar yang lebih besar dan keyboard yang lebih baik.

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Libur Sekolah Diperpanjang

Bisakah WhatsApp Web atau Desktop digunakan di banyak perangkat?

Anda dapat menautkan hingga empat perangkat ke akun WhatsApp Anda untuk menggunakan WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web, baik itu laptop atau tablet, misalnya. Perlu dicatat bahwa hanya satu telepon yang dapat digunakan dalam satu waktu.

Anda harus mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang disebutkan di atas untuk menautkan perangkat sehingga Anda memerlukan ponsel Anda untuk dapat melakukan ini pada awalnya.

Tanpa ponsel, Anda tidak akan dapat mengatur perangkat yang ditautkan karena Anda perlu memindai kode QR.

Apakah WhatsApp Web berfungsi tanpa telepon?

Anda memerlukan ponsel Anda untuk pengaturan awal aplikasi WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop, tetapi ponsel Anda tidak perlu tetap online agar keempat perangkat yang ditautkan itu berfungsi setelah ditautkan.

Anda akan secara otomatis keluar dari WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop jika Anda tidak menggunakan ponsel Anda selama 14 hari. Itu berarti sesi WhatsApp Web atau sesi WhatsApp Desktop akan kedaluwarsa setelah dua minggu jika Anda tidak membuka WhatsApp di ponsel Anda.

Bisakah WhatsApp Web dilacak?

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dienkripsi ujung-ke-ujung, seperti obrolan WhatsApp di ponsel Anda. Keempat perangkat yang terhubung menggunakan WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop dienkripsi ujung-ke-ujung.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Desktop atau Web WhatsApp?

Setelah Anda membuka aplikasi WhatsApp Web atau Desktop di PC atau Mac, atau tablet, pindai kode QR yang muncul di layar komputer menggunakan ponsel cerdas Anda.

Untuk melakukan ini di iPhone, buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda, buka 'Pengaturan' lalu 'Perangkat Tertaut' dan ketuk 'Tautkan Perangkat'. Setelah Anda mengautentikasi ponsel dengan kode sandi, ID Sentuh atau ID Wajah, kotak akan muncul siap untuk memindai layar desktop Anda. Di Android, buka aplikasi WhatsApp, buka tiga titik di sudut kanan atas dan ketuk WhatsApp Web.

Pesan dan percakapan Anda kemudian akan muncul di layar komputer Anda. Anda dapat mengubah ukuran jendela, serta meminimalkannya jika Anda mau.

Di Mac, semua pesan baru akan muncul di kanan atas layar Anda, seperti halnya dengan aplikasi lain seperti Mail. Di Windows, mereka akan muncul di kanan bawah dan kemudian difilter ke Pusat Pemberitahuan. Anda dapat mematikan notifikasi WhatsApp Web dan Desktop.

Untuk melihat profil Anda, mengubah status Anda atau mengubah gambar profil Anda, klik gambar Anda di bagian atas aplikasi desktop. Di sebelah gambar Anda adalah simbol yang memungkinkan Anda untuk memulai obrolan baru, sedangkan panah kecil di sebelah simbol obrolan baru akan memunculkan menu tarik-turun, termasuk Keluar.

Mengelola obrolan dan grup di WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Menu tarik-turun di WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop di bagian atas obrolan Anda di sebelah gambar profil Anda adalah tempat Anda akan menemukan akses ke pengaturan, kemampuan untuk keluar dan pesan berbintang. Ada juga opsi untuk memulai grup baru.

Di Pengaturan, Anda akan menemukan akses ke hal-hal seperti pengaturan Terakhir Terlihat, Pesan Menghilang, kontak yang diblokir dan preferensi pemberitahuan, termasuk mengaktifkan atau menonaktifkan suara, memilih apakah akan menampilkan pratinjau atau tidak, atau memilih untuk menonaktifkan semua pemberitahuan Desktop.

Mengarahkan kursor ke setiap obrolan individu di layar utama juga akan memunculkan panah kecil untuk obrolan tertentu, menawarkan beberapa opsi lagi. Anda dapat mengarsipkan obrolan, menyematkannya, membisukannya, menghapusnya, atau menandainya sebagai belum dibaca dari sini. Atau, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard di bawah ini untuk itu.

Ada juga lebih banyak opsi di setiap obrolan individu. Di kiri atas obrolan tertentu, Anda akan melihat nama mereka dan kapan mereka terakhir online jika fitur ini diaktifkan. Di kanan atas, ada simbol pencarian, bersama dengan panah kecil lainnya yang menampilkan menu drop-down lain.

Dalam menu ini, Anda dapat memilih pesan dalam chat tertentu, membisukan chat, menghapusnya, dan menghapus chat tertentu, serta melihat informasi kontak untuk orang tersebut. Anda juga dapat mengklik bilah di bagian atas obrolan dan Anda akan mendapatkan opsi untuk menghapus obrolan, mengaktifkan Pesan Menghilang, serta melihat informasi kontak.

Emoji juga tersedia di aplikasi desktop WhatsApp. Anda akan menemukannya di tempat yang sama seperti di aplikasi ponsel cerdas, di samping kotak tempat Anda mengetik pesan baru. Simbol penjepit kertas untuk menempelkan media apa pun juga ada di sini.

Cara video call di WhatsApp Desktop atau WhatsApp web

Seperti pada aplikasi seluler WhatsApp, Anda dapat menelepon atau melakukan panggilan video ke kontak melalui aplikasi desktop WhatsApp (tidak dapat dilakukan di web WhatsApp).

Ketuk kontak yang ingin Anda hubungi atau panggilan video dan ketuk ikon audio atau ikon video di bagian atas obrolan mereka.

Apa yang tidak bisa Anda lakukan di WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop?

Ada beberapa fitur yang tidak didukung di WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop.

Anda tidak dapat menghapus atau menghapus obrolan di perangkat yang ditautkan jika perangkat utama Anda adalah iPhone. Anda juga tidak akan dapat mengirim pesan atau menelepon seseorang yang menggunakan versi WhatsApp yang sangat lama dan seperti yang kami sebutkan, WhatsApp Web tidak mendukung panggilan video atau panggilan.

Anda juga tidak dapat melihat lokasi langsung di perangkat yang ditautkan dan Anda tidak dapat membuat dan melihat daftar siaran di perangkat tersebut. Selain itu, Anda tidak dapat mengirim pesan dengan pratinjau tautan dari WhatsApp Web.

Shortcut Keyboard Web dan Desktop WhatsApp

Ada sejumlah shorrcut yang tersedia untuk WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop.

Untuk pengguna Mac, berikut adalah pintasan praktis yang tersedia:

  • Tandai sebagai Belum Dibaca: Cmd + Shift + U
  • Bisukan: Cmd + Shift + M
  • Arsip Obrolan: Cmd + Shift + E
  • Hapus Obrolan: Cmd + Shift + D
  • Pin Obrolan: Cmd + Shift + P
  • Cari: Cmd + F
  • Cari Obrolan: Cmd + Shift + F
  • Obrolan Baru: Cmd + N
  • Obrolan Berikutnya: Cmd + Tab
  • Obrolan Sebelumnya: Cmd + Shift + Tab
  • Grup Baru: Cmd + Shift + N

Untuk pengguna PC, berikut shortcut yang tersedia:

  • Tandai sebagai Belum Dibaca: Ctrl + Shift + U
  • Bisukan: Ctrl + Shift + M
  • Arsip Obrolan: Ctrl + Shift + E
  • Hapus Obrolan: Ctrl + Shift + D
  • Pin Obrolan: Ctrl + Shift + P
  • Cari: Ctrl + F
  • Cari Obrolan: Ctrl + Shift + F
  • Obrolan Baru: Ctrl + N
  • Obrolan Berikutnya: Ctrl + Tab
  • Obrolan Sebelumnya: Ctrl + Shift + Tab
  • Grup Baru: Ctrl + Shift + N
  • Profil dan Tentang: Ctrl + P
  • Meningkatkan kecepatan pesan suara yang dipilih: Shift + .
  • Kurangi kecepatan pesan suara yang terlihat: Shift + ,
  • Pengaturan: Ctrl + ,
  • Panel GIF: Ctrl + G
  • Panel emoji: Ctrl + E
  • Panel stiker: Ctrl + S

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X