• Kamis, 1 Desember 2022

Mengenal Hari Kanker Sedunia yang Diperingati Setiap 4 Februari

- Jumat, 4 Februari 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi pita kanker (Pixabay/Gwen_30 )
Ilustrasi pita kanker (Pixabay/Gwen_30 )

RADIOWEBINDO- Setiap tanggal 4 Februari kita memperingati Hari Kanker Sedunia. Adapun tujuan utama Hari Kanker Sedunia adalah menyelamatkan jutaan jiwa dari kematian yang dapat dicegah setiap tahun, dengan cara mendorong pemerintah dan individu untuk mengambil langkah

Mengapa Hari Kanker Sedunia Penting?

Dikutip daei World Cancer Day, Saat ini, ada 9,6 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Empat jutanya meninggal prematur (berusia 30 sampai 69 tahun).

Hari Kanker Sedunia merupakan momen yang tepat untuk menyebarluaskan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker maupun media di dunia.

Baca Juga: Indonesia Kembali Alami Lonjakan Kasus COVID-19, Presiden Jokowi: Pemerintah Telah Siap Menghadapinya

Siapa Pencetus Hari Kanker Sedunia?

Hari Kanker Sedunia adalah inisiatif dari Union for International Cancer Control (UICC).

IUCC adalah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua yang didedikasikan untuk memimpin dalam mengadakan, peningkatan kapasitas, dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global, mempromosikan pemerataan yang lebih besar, dan mengintegrasikan pengendalian kanker ke dalam agenda kesehatan dan pembangunan dunia.

Tema Hari Kanker Sedunia 2022:  "Close The Care Gap"

Tema ini bermakna pemerataan akses pelayanan kanker yang bermutu.

Oleh karena itu, Hari Kanker Sedunia 2022 menjadi momentum pengingat untuk bergerak bersama mempersempit kesenjangan tersebut. Tema "Close The Care Gap" menjadi pengingat bahwa semua orang berhak untuk mendapatkan pelayanan yang adil dan merata.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X