Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Dr. Sulianti Saroso yang Ke-106

- Rabu, 10 Mei 2023 | 06:57 WIB
Google Doodle memperingati ulang tahun Dr. Sulianti Saroso yang ke-106 (Google )
Google Doodle memperingati ulang tahun Dr. Sulianti Saroso yang ke-106 (Google )

RADIOWEBINDO- Google Doodle hari ini menampilkan Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-106. Ia merupakan salah satu dokter wanita pertama di Indonesia yang diilustrasikan oleh seniman tamu Lenny.

Dr. Sulianti Saroso mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa mendapatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas.

Sulianti Saroso lahir pada hari ini di tahun 1917 di Karangasem, Bali. Ayahnya adalah seorang dokter yang menginspirasinya untuk terjun ke dunia kedokteran sejak usia muda.

Baca Juga: Charles III Telah Resmi Dinobatkan Sebagai Raja

Dr. Saroso kemudian lulus dengan gelar dokter dari Geneeskundige Hoge School pada tahun 1942 dan melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat, di mana ia memperoleh beberapa gelar lanjutan di bidang kesehatan masyarakat.

Dr. Saroso juga menerima beasiswa dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem perawatan kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 1952, ia membantu membawa pendidikan KB dan keluarga berencana ke tanah air.

Tak lama setelah kembali, ia bergabung dengan Kementerian Kesehatan untuk memimpin program-program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Setelah karir yang panjang dan sukses di bidang kesehatan masyarakat, Prof. Dr. Saroso mulai mengajar di Universitas Airlangga pada tahun 1969 dan membantu melatih generasi dokter dan tenaga kesehatan berikutnya.

Baca Juga: Meski Batal Digelar di Indonesia, 'Glorious' Tetap Jadi Lagu Resmi Piala Dunia FIFA U-20

Ia kemudian menjadi Presiden wanita kedua dari Majelis Kesehatan Dunia dan menjabat di beberapa organisasi terkemuka - termasuk Komite Ahli Organisasi Kesehatan Dunia untuk Kesehatan Ibu dan Anak, Komisi PBB untuk Pengembangan Masyarakat di Negara-negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.

Komitmen Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso yang tak tergoyahkan terhadap pemerataan layanan kesehatan telah mengubah arah dunia kedokteran di Indonesia. Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta pun merupakan warisannya di bidang kesehatan.

Editor: Alfia Sudarsono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X